Martapura (Antaranews, Kalsel) - Bupati Banjar Khalilurrahman siap menjalankan komitmen menghapus ribuan jamban apung yang banyak digunakan masyarakat di sepanjang bantaran Sungai Martapura dalam wilayah kabupaten setempat. 
     "Komitmen kami menghapus jamban apung yang jumlahnya ribuan buah di sepanjang bantaran Sungai Martapura meski pun dilakukan secara bertahap," ujar bupati di Kota Banjarmasin, Rabu.
     Pernyataan itu disampaikannya usai menerima penghargaan LKBN Antara atas program penghapusan jamban apung di sepanjang bantaran Sungai Martapura sesuai visi dan misi selama kepemimpinannya.
     Penghargaan Antara Kalsel 2018 diserahkan Direktur Utama LKBN Antara Meidyatama Suryodiningrat didampingi Direktur Pemberitaan di Mahligai Pancasila lingkungan rumah jabatan Gubernur Kalsel.
     Menurut bupati, menghapuskan jamban apung yang sudah digunakan masyarakat secara turun temurun tidak mudah dan diperlukan kerja keras merubah pola pikir masyarakat sepanjang bantaran sungai. 
     "Langkah yang dilakukan memang tidak mudah karena harus merubah pola pikir masyarakat agar beralih ke toilet di darat, tetapi melalui upaya pendekatan keagamaan maupun kesehatan kami yakin bisa," ucapnya.
     Dikatakan bupati, selama lima tahun masa kepemimpinannya hingga 2021, ditargetkan 1.000 buah jamban terapung dihapuskan agar sungai bersih dan bebas bakteri ecoli yang mengancam kesehatan. 
     "Kami optimis target menghapus 1.000 jamban apung terealisasi dua tahun ke depan," ujar bupati yang didampingi Kadis PUPR M Hilman, Kadis Kominfo Farid Soufian dan Kepala Bapelitbang Galuh Tantri. 
     Penghargaan Antara Kalsel 2018 merupakan apresiasi yang diberikan dalam rangka peringatan hari jadi Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara ke-81 yang jatuh pada 13 Desember 2018.
     Kepala daerah yang mendapat penghargaan dari LKBN Antara mulai Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina, Bupati Banjar KH Khalilurrahman, Bupati Tapin H Arifin Arfan.
     Kemudian, Bupati Kotabaru Sayed Ja'far, Bupati Hulu Sungai Tengah A Chairansyah, Bupati Barito Kuala Noormiliyani, Bupati Hulu Sungai Utara Abdul Wahid dan Bupati Balangan Ansharuddin.
     Selanjutnya, Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan Syamsuri Arsyad, Sekda Banjarbaru Said Abdullah dan perwakilan mitra kerja LKBN Antara yang diberikan penghargaan atas kerja pemberitaan. 

     

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019