Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Tari japin malenggang Banua karya Drs Heriyadi Haris akan meramaikan pemberian penghargaan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara provinsi Kalimantan Selatan untuk mitra kerja para kepala daerah, yakni, gubernur dan bupati/wali kota dalam memperingati HUT Antara ke-81.
   
Tari kreasi yang pernah menang di festival tari japin Internasional pada 2012 di Samarinda, Kalimantan Timur ini sebagai rangkaian dari peringatan HUT ke-81 LKBN Antara yang digelar di Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Rabu.

Tari japin malenggang Banua dalam sinopsisnya adalah tari yang menggambarkan keramah-tamahan galuh-galuh Banjar dalam pergaulan sehari-hari. Mereka bermain, bercengkrama, selalu dalam batas adat sopan santun yang wajar.

Tari ini digarap dengan memadukan unsur-unsur gerakan japin yang ada di Kalsel, kemudian distilisasikan sesuai dengan kebutuhan garapan tari yang dibawakan.

Pentas tari ini akan disaksikan Dirut LKBN Antara Meidyatama Suryodiningrat, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor juga para bupati dan wali kota se-Kalsel.

Selain itu, ada pula mitra-mitra kerja LKBN Antara dari baik dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusahaan daerah di Kalsel.

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019