Marabahan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Barito Kuala, Kalimantan Selatan  Hj Noormiliyani AS didampingi Wakil Bupati H Rahmadian Nor meresmikan Pasar Ikan Wangkang Marabahan, Jumat (28/12).

Peresmian pasar  tersebut ditandai pengguntingan untaian melati oleh Ketua TP-PKK Batola Hj Saraswati Dwi Putranti disaksikan Bupati Hj Noormiliyani AS, Wakil Bupati H Rahmadian Noor, para anggota forkopimda/mewakili, pimpinan SKPD, para pedagang, dan berbagai lapisan masyarakat serta dilanjutkan dengan peninjauan lokasi.

Pasar Ikan Wangkang berada di sebelah timur Pasar Baru Marabahan, di mana pasar tersebut dikhususkan untuk pedagang lauk pauk dengan jumlah bilik 104 buah masing-masing untuk penjual ikan segar 48 buah, ikan kering 16 buah, ayam 28 buah dan daging sapi empat buah.

Pembangunan Pasar Ikan Wangkang dalam rangka menghimpun segala jenis pedagang lauk pauk dalam suatu tempat yang sehat dan layak mengingat selama ini mereka berjualan terpisah-pisah seperti di pinggir-pinggir jalan, bahkan di atas jembatan.

Bupati Batola Hj Noormiliyani berharap dengan tersedianya sarana pasar itu tidak ada lagi pedagang ikan yang berjualan di pinggir-pinggir jalan dan di atas jembatan.

“Insya Allah pasar ini mampu menampung seluruh pedagang ikan termasuk pedagang ayam dan daging sapi,” katanya.

Wanita berhijab itu juga berharap keberadaan pasar nantinya dapat berjalan dengan baik agar memudahkan masyarakat untuk mendapatkan ikan segar dan berkualitas.

Mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel itu terus menambahkan, pembangunan pasar merupakan salah satu sasaran prioritas Pemkab Batola yang termasuk visi misi yakni Membangun Desa Menata Kota.

Karena itulah, lanjutnya, Pemkab Batola terus berupaya menyediakan, memenuhi dan melengkapi berbagai sarana prasarana yang berkaitan dengan kepentingan umum.  

Terpisah, Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Batola Purkan menerangkan, Pasar Ikan Wangkang dibangun oleh PT Aria Jaya Abadi dari dana APBD Batola Tahun 2018 senilai Rp4.310.710.000.

Selain pembangunan Pasar Ikan Wangkang, mantan Kepala Dinas Kehutanan Batola itu menerangkan, Pemkab Batola pada Tahun Anggaran 2018 tengah mengerjakan pembangunan Pasar Marabahan Timur dengan biaya Rp6 miliar, Pasar Km 21 Anjir Muara dengan Rp1,1 miliar, dan Pasar Kecamatan Kuripan senilai Rp930 juta.

Sementara pada tahun 2019, lanjutnya, kembali akan dilakukan pembangunan terhadap Pasar Wangkang Marabahan, Pasar Tabunganen senilai Rp1,2 miliar, Pasar Mandastana Rp900 juta dan pengadaan alat metrologi berupa peralatan dan mobil senilai Rp1,4 miliar.

“Kegiatan yang kita lakukan ini dalam rangka mewujudkan salah satu visi Pemkab Batola 2017-2022 yakni Menata Kota,” katanya.


 

Pewarta: Arianto

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018