Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Bank Kalsel Provinsi Kalimantan Selatan berupaya mendukung pengembangan potensi daerah berupa industri kain saserangan.

Pimpinan Bank Kalsel Cabang Kandangan Andhy Andriawan di Kandangan Rabu mengatakan, dukungan tersebut antara lain dengan melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten meningkatkan kualitas kerajinan melalui pelatihan.

"Salah satunya adalah pelatihan peningkatan kualitas saserangan dengan tema pelatihan bergerak bersama mengembangkan potensi daerah," katanya.

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan walaupun pelatihan atau "workshop" sasirangan dilaksanakan cukup singkat, diharapkan mampu mendorong peserta menjadi pengrajin-pengrajin yang sukses.
 
. (Antaranews Kalsel/Istimewa)

Menurut Bupati, program tersebut, sejalan dengan program 5 tahun kedepan untuk menumbuh kembangkan kewirausahaan.

"Sebenarnya sasirangan ini pangsanya terbuka, selain pegawai yang setiap hari kamis diwajibkan memakai sasirangan, ada juga anak sekolah juga wajib menggunakan kain khas daerah tersebut," katanya.

Bupati mengungkapkan, apabila di HSS sudah banyak pengrajin sasirangan, akan diintruksikan agar pelajar tidak membeli sasirangan printing, tetapi membeli sasirangan produk daerah dengan kualitas tetap terjaga dan disertakan dengan motif-motif khas HSS seperti ketupat.

Bupati juga berharap, para wanita, bisa menciptakan usaha rumahan untuk menghasilkan tambahan pendapatan bagi keluarga.

"Jika usaha rumahannya menjadi besar bisa menampung tenaga kerja yamg lain," katanya.

Sepanjang kualitasnya dapat bersaing dan terjaga dengan baik, para aparatur sipil negara lingkup HSS melalui Dinas Perindagkop dan UKM, akan dianjurkan untuk memakai produk sasirangan hasil pengrajin HSS.

Diharapkan, seluruh pihak terkait, terus mendorong dan mendukung peningkatan kualitas kerajinan daerah,sehingga produk sasirangan bisa membanggakan dan dipakai semua orang.

Acara tersebut, juga dihadiri Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi Usaha Kecil dan Perindustrian Sasmi Rifani, Ketua TP PKK Isnaniah Achmad Fikry, Wakil Ketua I TP PKK Srie Astuti Syamsuri dan para Ketua Organisasi Wanita HSS.
. (Antaranews Kalsel/Istimewa)

Pewarta: .

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018