Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Anggota DPRD Kalimantan Selatan mengharapkan, agar ke depan pelayanan kesehatan di provinsi mereka yang terdiri atas 13 kabupaten/kota tersebut lebih baik lagi.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) Raperda tentang Penyelenggaraan Kesehatan di Kalimantan Selatan (Kalsel) H Haryanto SE mengemukakan harapan tersebut di Banjarmasin, Rabu.

Haryanto yang juga anggota Komisi IV Bidang Kesra DPRD Kalsel itu menegaskan, pelayanan kesehatan yang lebih baik lagi tersebut antara lain berupa peningkatan, baik secara kualitas maupun kuantitas.

"Dengan pelayanan yang lebih baik kita harapkan pula dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kalsel atau mewujudkan 'Kalsel Sehat' sebagaimana Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) provinsi setempat tahun 2016 - 2021," tuturnya.

"Sebagaimana RPJMD 2016 - 2021 tersebut, bahwa Kalsel Sehat salah satu skala prioritas," lanjut mantan auditor Departemen Keuangan (Depkeu) Republik Indonesia yang bergabung dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu sejak awal tahun 2000-an.

Oleh karenanya wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel I/Kota Banjarmasin berharap, Raperda tentang Penyelenggaraan Kesehatan di provinsinya bisa disahkan menjadi peraturan daerah (Perda) sebagai payung hukum dalam peningkatan pelayanan kesehatan.

"Oleh sebab itu pula kita berharap hasil evaluasi atau fasilitsi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI segera keluar sehingga bisa secepatnya pengesahan Raperda tentang Penyelenggaraan Kesehatan di Kalsel tersebut menjadi Perda," ujarnya.

"Raperda tentang Penyelenggaraan Kesehatan di Kalsel tersebut sudah kami serahkan ke Kemendagri pada 14 Desember lalu untuk evaluasi atau mendapatkan fasilitsi," demikian Haryanto.

Raperda tentang Penyelenggaraan Kesehatan tersebut merupakan inisiatif DPRD Kalsel atas usul Komisi IV lembaga legislatif tingkat provinsi itu yang juga membidangi kesehatan, serta diketuai Yazidie Fauzi SKom dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Untuk pelayanan kesehatan masyarakat, pemerintah provinsi (Pemprov) Kalsel kini menyediakan empat rumah sakit, yaitu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin dan dr H Mochammad Ansari Saleh Banjarmasin.

Selain itu, Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum di Jalan Syarkawi, Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar, serta Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Drs H Hasan Aman Banjarmasin.

Pewarta: Syamsudin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018