Amuntai, (Antaranews Kalsel) -Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan mengakui partisipasi tinggi masyarakat pada pemilu 2017 dengan memberikan reward berupa pencanangan desa sadar pemilu.

"Berdasarkan hasil kajian pelaksanaan Pemilu 2017 partisipasi masyarakat Desa Pulau Tambak Kecamatan Amuntai Selatan di atas 80 persen, sehingga desa ini kami canangkan jadi desa sadar pemilu," ujar anggota KPU HSU Reza Anshari di Amuntai, Selasa.

Reza mengatakan, kualitas dari partisipasi masyarakat dalam pemilu tidak ditentukan oleh banyak masyarakat yang berhadir pada kegiatan sosialisasi, kampanye dan pencanangan desa sadar pemilu melainkan pada saat pencoblosan di TPS.

Ia berharap pencangan desa sadar pemilu bisa menjalar motivasinya kedesa-desa lainnya sehingga desa lain pun bisa dicanangkan menjadi desa sadar wisata.

Pencanangan desa sadar pemilu ini, lanjutnya juga bertujuan untuk mengingatkan masyarakat bahwa dalam waktu dekat ini akan ada pemilu serantak antara pemilu legistatif dan juga pemilu presiden.

Wakil Bupati HSU H Husairi Abdi saat pencanangan mengajak masyarakat menggunakan hak pilih pada Pemilu 2019.

"Tersisa empat bulan lagi masih ada waktu bagi penyelenggara pemilu untuk melakukan sosialisasi guna meningkatkan partisipasi masyarakat," kata Husairi.

Husairi mengatakan jika pemilu 2019 memang lebih rumit dibandingkan pilkada 2017 karena harus memilih anggota dewan legislatif DPR RI, DPD RI dan DPRD serta akan memilih Presiden dan Wakil Presiden. Perlu kecermatan masyarakat saat berada dalam bilik suara untuk menentukan pilihan.

"Mudah-mudahan dengan banyaknya pilihan tersebut tidak mengurangi partisipasi kita untuk memilih," tandasnya.

Perwakilan KPU Provinsi Kalsel Edy Ariansyah menerangkan masyarakat sadar pemilu adalah masyarakat yang sadar untuk ikut berpartisipasi dalam pemilu. sadar akan kesetaraan dalam hak pilihannya, sadar akan  inklusivitas penyelenggaraan pemilu dan sadar untuk ikut mengontrol tahapan pelaksanaan pemilu.

Selain Desa Pulau Tambak yang tinggi partisipasi pemilih pada Pilkada 2017, KPU bersama Pemda HSU juga memberi penghargaan kepada Kecamatan Banjang sebagai kecamatan dengan partisipasi pemilih yang tinggi, sedangkan untuk kategori desa diberi penghargaan kepada Desa Kayakah sebagai desa partisipasi pemilih tinggi.

Pencanangan Desa Sadar Pemilu ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Bupati HSU, pelepasan balon ke udara dan penandatangana plakat.
Pihak panitia menyediakan pojok informasi di lokasi acara pencanangan yang diperuntukan bagi masyarakat yang ingin mencari info atau bertanya seputar Pemilu 2019.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018