Barabai, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) melalui Dinas perikanan dan ketahanan pangan menggelar lomba mancing ikan gratis yang hadiah utamanya adalah satu unit sepeda motor.

Kegiatan itu berlangsung di kolam ikan milik Kodim 1002 Barabai dalam rangka peringatan Hari Nusantara yang jatuh pada tanggal 13 Desember sekaligus memeriahkan Harjad HST ke 59 yang jatuh tanggal 24 Desember nanti, Minggu (16/12).

Kepala dinas perikanan dan ketahanan pangan Sunar Winarni mengatakan, terdapat 176 orang peserta mancing yang berlomba untuk mengumpulkan ikan sebanyak-banyaknya.

"Selain hadiah motor, juga disediakan hadiah TV, kulkas, mesin cuci dan hadiah menarik lainnya senilai puluhan juta rupiah," katanya.

Plt Bupati HST H A Chairansyah menyatakan bahwa peringatan Hari Nusantara merupakan momentum yang sangat strategis untuk menegaskan bahwa Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki potensi kelautan dan peraitan darat yang begitu besar.

"Mari seluruh komponen masyarakat terutama masyarakat yang daerahnya memiliki potensi dan pembudidayaan perikanan agar mengoptimalkan hasil produksi demi peningkatan kesejahteraan masyarakat di HST," ajaknya.

Selain itu Chairansyah sangat mengapresiasi kegiatan lomba mancing tersebut karena selain menjadi ajang silaturahmi massal juga memberikan hiburan rekreasi gratis kepada masyarakat umum dan jajaran pemerintah daerah. 

"Apalagi ada sosialisasi gerakan makan ikan yang dipadu perkenalan produk olahan berbahan baku ikan serta upaya kelestarian lingkungan perairan," katanya.  

Dandim 1002 melalui Kasdim Mayor Inf H Fahrijani mengaku bangga dan gembira karena kolam ikan Kodim 1002 Barabai kembali dipercaya sebagai tempat lomba mancing. 

"Semoga dapat meningkatkan silaturahmi dan kekompakan seluruh komponen masyarakat," katanya.

Lomba mancing terbesar di HST pada tahun 2018 itu didahului pelepasan ratusan ikan mas dan nila oleh Plt Bupati H Chairansyah pada kolam ikan Kodim 1002 Barabai.

Pemenangnya adalah untuk Juara pertama yaitu Ali Sadikin dari Kecamatan LAS dengan perolehan 2,035 ekor, Juara kedua Faturrahman dari Kecamatan Barabai sebanyak 1,945 ekor dan juara ketiga yaitu Agus PLN sebanyak 1,690 ekor.

Sedangkan juara keempat yaitu Zaky Porwanto sebanyak 1,665 ekor, Juara kelima Syamsul Rizal sebanyak 1,595 ekor, Juara keenam yaitu Rahman  1,345 ekor dan Juara ketujuh Ikhwanul Hakim 1,325 ekor.

Baca juga: HST Kembali terima penghargaan Kabupaten peduli HAM
Baca juga: Kejari HST terima penghargaan WBK dari Kementerian PANRB
 

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018