Desa Hinas Kiri dan Desa Pagat di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan dijadikan "Kampung Wisata" melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM)-Mandiri.


"Dari tiga desa yang diajukan, yakni Desa Barikin, Hinas Kiri, dan Pagat, ternyata hanya dua yang disetujui, Desa Hinas Kiri dan Desa Pagat menjadi desa wisata," kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Hulu Sungai Tengah A Syahriani Effendi, Selasa.

Setiap desa akan mendapat bantuan Rp75 juta, dana tersebut dapat digunakan untuk mengembangkan potensi wisata agar lebih memiliki daya tarik.

Seperti untuk fasilitasi berupa pemberdayaan, pelatihan, dan kemampuan kreatifitas.

Salah satu yang akan dikembangkan untuk meningkatkan daya tarik masyarakat adat di Desa Hinas Kiri, akan dihidupkan lagi kesenian tari Babangsai dan Bakanjar.

"Seni ini bisa ditampilkan untuk menyambut para tamu," terang Syahriani didampingi Kabid Pariwisata Yarkani.

Khusus untuk Desa Hinas Kiri, karena memiliki panorama alam yang memikat, maka diprogramkan menjadikannya desa wisata. Sedangkan Pagat akan dikembangkan dengan sarana penunjang, katanya.

"Masyarakat Hinas Kiri akan lebih diberdayakan agar konsep desa wisata ini bisa dipahami secara menyeluruh," harapnya.

Fasilitasi sudah dilakukan, dan sarana penunjang lain yang harus dilengkapi, misalkan fasilitas home stay dan guide (pendamping).

Desa Hinas Kiri yang berada di Kecamatan Batang Alai Timur ini berada di kawasan Pegunungan Meratus.

Daya tariknya adalah wisata alam yang merupakan hutan tropis, kaya dengan keanekaragaman hayati, dan terdapat beberapa air terjun.

"Bagi yang suka ekspedisi alam, kawasan ini sangat cocok dan memberi kepuasan," ujarnya.

Membantu mempromosikan destinasi pariwisata di Hulu Sungai Tengah, Disporbudpar juga melakukan penyebarluasan informasi.

Sehingga masyarakat luar akan lebih mudah mengakses informasi, baik melalui situs resmi Pemkab HST, media massa, dan pamphlet.

Syahriani menambahkan dengan dimulianya Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM)-Mandiri Pariwisata ini, tingkat kunjungan para wisatawan ke Bumi Murakata akan lebih meningkat.

Masyarakat di kawasan desa wisata juga akan merasakan dampaknya guna meningkatkan pendapatan keluarga mereka.

  Potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Hulu Sungai Tengah cukup beragam, destinasi wisata ini patut untuk terus dikembangkan guna menarik minat masyarakat untuk berkunjung./Fatur/D. 

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012