Amuntai, (Antaranews Kalsel) -Puskesmas Kecamatan Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara meraih penghargaan sebagai Puskesmas berprestasi pada Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 se Kalimantan Selatan.

Penghargaan dan tropi diserahkan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Resnawan didampingi Sekda Provinsi Kalsel Abdul Haris Makkie dan Kepada Dinas Kesehatan Kalsel Muhammad Muslim pada penutupan Jambore kader posyandu sekaligus puncak Peringatan HKN di Ballroom Hotel Rattan in Banjarmasin belum lama ini.

Beberapa prestasi juga diraih HSU pada acara tersebut melalui program kesehatan seperti bidang tenaga kesehatan teladan, Dokter Gigi, Kesehatan Lingkungan, Bidan Desa teladan dan program pemanfaatan tanaman obat keluarga (toga) bagi desa.

Ketua TP PKK HSU Hj Anisah Rasyidah Wahid di Amuntai Senin menyatakan kegembiraan dan ucapan terima kasih atas prestasi yang diraih bidang kesehatan.

"Saya berterima kasih kepada jajaran kesehatan dan masyarakat yang telah mendukung dan membantu program pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat melalui Gerakan masyarakat sehat (Germas) sehingga banyak prestasi yang diraih oleh kabupaten HSU melalui bidang kesehatan masyarakat," kata Anisah.

Anisah berharap prestasi dapat dipertahankan, pemerintah dan masyarakat tambah semangat, bahkan mampu menambah prestasi yang lebih baik ditahun mendatang.

Ia menegaskan prestasi yang dicapai tidak lepas dari kerjasama dan kekompakan antara berbagai pihak seperti TP PKK kecamatan dan desa, jajaran Dinas Kesehatan, kader-kader posyandu dan instansi terkait lainnya.

"Tanpa kegotong royongan semua pihak mustahil prestasi bisa dicapai," tandasnya.

Anisah mengatakan, kedepan pemerintah daerah berupaya untuk meningkatkan kualitas para kader sebagai ujung tombak layanan kesehatan serta meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat terkait Gerakan Hidup Sehat (Germas) dan PHBS.

Terkait penghargaan yang diraih Puskesmas Haur Gading, Anisah menambahkan jika Puskesmas ini juga meraih penilaian Akreditasi paripurna dari Badan Akreditasi Nasional disamping Rumah Sakit Pambalah Batung Amuntai yang juga meraih Akreditasi parpurna bintang lima.

"Ini menunjukan bahwa pelayanan bidang kesehatan di Kabupaten Hulu Sungai Utara sudah sangat baik dan terus ditingkatkan dimasa mendatang," pungkasnya.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018