Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Satuan Reserse Narkoba Polres Banjarbaru terus melakukan penyuluhan anti Narkoba ke sejumlah lembaga pendidikan baik sekolah maupun perguruan tinggi.

Seperti yang terlihat pada Senin (19/11) di Aula Stikes Husada Borneo Banjarbaru, Kasat Resnarkoba Polres Banjarbaru AKP Elche Angelina Ediwan memberikan penyuluhan di hadapan pelajar SMP/MTs sederajat di Kota Banjarbaru dan Martapura serta para konselor pendidikan atau biasa disebut guru Bimbingan Penyuluhan (Guru BP) atau guru Bimbingan Konseling (Guru BK).

"Siswa dan guru harus diberikan edukasi secara terus menerus karena Narkoba itu juga berkembang dan banyak macamnya sekarang," kata Elche.
Pada kesempatan itu, Elche pun minta pembinaan terhadap siswa bermasalah ditingkatkan pihak sekolah. Dimana Polres Banjarbaru dengan Program Tebar Pesona akan membantu melalui Polisi Mengajar. 

"Polisi yang punya tugas khusus menjadi guru ini membantu menyelesaikan problem solving (pemecahan masalah) di sekolah termasuk soal Narkoba sesuai singkatan dari Tebar Pesona, yakni
Tekan Bersama Permasalahan Sosial dan Narkoba," paparnya.

Karena menurut Elche, program yang digaungkan Kapolres Banjarbaru AKBP Kelana Jaya itu terbukti ampuh mendeteksi siswa yang terindikasi menggunakan Narkoba dan tingkah kenakalan remaja lainnya.

"Anak yang bermasalah ini nantinya dilakukan pembinaan di Polres dengan tujuan mengembalikan siswa bermasalah di sekolah agar kembali baik," jelas Polwan alumni Akpol tahun 2008 itu. 
Untuk itu, Elche mengingatkan pentingnya peran para konselor pendidikan alias guru BK di sekolah agar terus memberikan pengawasan terhadap setiap perubahan perilaku siswa.

"Karena siswa yang menggunakan Narkoba pasti berubah atau berbeda sikapnya. Misalnya sering kali bolos atau lebih terkesan berani atau melawan terhadap guru dan sebagainya. Dan tak kalah penting, komunikasi antara guru dan orangtua juga mesti terjalin," tandasnya.

Selain Seminar Anti Narkoba yang menghadirkan AKP Elche sebagai narasumber, pada kesempatan itu juga dilaksanakan penandatanganan kerjasama antara pihak SMK Borneo Lestari dan Kepala BNN Kota Banjarbaru AKBP Sugito mengenai Program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018