Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta H. Waryono, melakukan ramah tamah dan penandatanganan kerja sama atau MoU bidang pendidikan.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan  Waryono, di Kandangan, Senin (5/11) mengatakan, UIN Sunan Kalijaga sebenarnya lahir bersamaan dengan Universitas Gajah Mada (UGM), namun UGM lebih dulu berkembang.

Ramah tamah Bupati HSS dan pihak UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Wabup HSS hadiri sosialisasi kurikulum pendidikan kesadaran hukum

"UIN Sunan Kalijaga pada 2004 statusnya menjadi universitas, yang sebelumnya masih bernama IAIN, dengan tambahan 3 fakultas bidang skill, termasuk bidang teknologi dan informatika, yang diprogramkan sampai dengan S2," katanya.

Dijelaskan dia, jumlah mahasiswa pascasarjana hingga hari ini sudah berjumlah sekitar 22 ribu orang dari total delapan fakultas, maka dengan adanya MoU ini  ke depan ada dukungan dari Pemkab HSS, untuk kegiatan UIN Sunan Kalijaga di HSS seperti penempatan KKN, penelitian maupun pemberian beasiswa.

Bupati HSS H Achmad Fikry menyambut baik kedatangan rombongan UIN Sunan Kalijaga dan menyepakati butir-butir kesepakatan dalam MOU, serta memberikan penjelasan secara umum tentang Kabupaten HSS.

Penandatangan kesepakatan bersama Bupati HSS dan UIN Sunan Kalijaga
dalam bidang pendidikan (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: HSS kembali terima tujuh pengajar muda angkatan XVI

Selesai ramah tamah, dilakukanlah penandatangan MoU kedua belah pihak yang disaksikan Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, Pj Sekda HSS H Hubriansyah, Kepala Bapelitbangda Iwan Friady, Kepala Bakeuda M Noor dan Kadis PMD Kamidi.

Turut diserahkan kenang-kenangan dari kedua belah pihak baik dari pihak Pemkab HSS dan UIN berupa pemberian buku serta jaket almamater untuk Bupati dan Wakil Bupati HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018