Rantau, (Antaranews Kalsel) Sebanyak enam Taman Kanak-kanak dan Pendidikan Anak Usia Dini se Kecamatan Binuang mengikuti peragaan manasik haji cilik yang laksanakan di gedung tenis indor Binuang, Kabupaten Tapin. Minggu (28/10).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Rumah Pintar Sejuta Pelangi Indonesia bekerja sama dengan TP PKK Kabupaten Tapin  Dalam rangka memberikan pengalaman kepada para anak TK dan PAUD mengenai manasik Haji.

Dengan mengangkat tema "Bersatu Bersama membangun silaturahmi dalam balutan Baitullah" Kegiatan dibuka secara langsung oleh Ketua TP PKK Kab Tapin Hj Ratna Ellyani dengan para peserta anak TK dan PAUD.

Dengan menggunakan pakaian berwarna putih untuk anak perempuan dan kain ihram untuk anak laki - laki, para siswa TK dan PAUD tampak terlihat seperti para jamaah Haji yang kemudian bersama - sama melakukan tawaf mengelilingi miniatur Ka'bah bersama - sama.

Ketua TP PKK Kab Tapin Hj Ratna Ellyani dalam sambutannya mengatakan sangat menyambut baik dengan terlaksananya kegiatan manasik haji cilik ini, yang mana ini merupakan salah satu sarana pembentukan karakter kepada anak usia dini.

Mudah - mudahan dengan diadakannya pelatihan manasik haji cilik ini mereka akan tergugah keinginan mereka dimasa depan untuk melaksanakan ibadah Haji maupun umrah. Yang mana ini juga dapat menambah wawasan dan keimanan mereka kepada Agama Islam 

"Mudah - mudahan kegiatan ini dapat meningkatkan ketaqwaan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa"ucap Hj Ratna

Pada kesempatan ini juga saya berpesan kepada anak - anak untuk dapat melaksanakan kegiatan manasik haji cilik ini dengan sungguh - sungguh sehingga kalian dapat mengambil intisari dari kegiatan ini.

Sementara itu pimpinan rumah pintar sejuta pelangi Andis mengatakan bahwa pelaksanaan manasik haji cilik ini mengandung hikmah yang sangat luas yakni selain mengenal rukun Islam namun juga untuk memupuk iman dan taqwa kita kepada Allah SWT.

Karena anak usia dini memiliki daya ingat yang kuat sehingga dengan mengajarkan manasik haji sedini mungkin mereka akan selalu ingat hingga dewasa nanti. Kegiatan ini juga merupakan salah cara untuk merangsang pendidikan kepada anak usia dini yakni untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi anak.

"Yaitu merupakan pengenalan ibadah Haji kepada anak usia dini atau pra sekolah" ucapnya

Pewarta: Muhammad Husien Asyari

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018