Martapura, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 2.214 pelamar calon pegawai negeri sipil jalur umum di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, lolos seleksi administrasi sehingga bisa mengikuti tes selanjutnya.

"Ribuan pelamar itu berkasnya dinyatakan lengkap sehingga berhak mengikuti tahapan lebih lanjut," ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan SDM Kabupaten Banjar, Mada Teruna di Martapura, Jumat.

Ia mengatakan, jumlah pelamar yang sudah terdaftar melalui website resmi penerimaan CPNS sebanyak 3.245 orang dan sudah diverifikasi sebanyak 2.214 orang yang lolos seleksi administrasi.

Disebutkan, pihaknya masih menunggu 1.031 pelamar yang belum menyerahkan berkas dan diharapkan mereka sudah datang ke kantor BKD dan PSDM Jalan Menteri Empat Martapura.?

"Petugas menunggu pelamar yang sudah terdaftar untuk menyerahkan berkasnya sehingga bisa diperiksa apakah memenuhi syarat atau tidak. Jika lengkap bisa diproses lebih lanjut," ungkapnya.

Menurut dia, pihaknya sudah menyediakan empat loket petugas untuk melayani pelamar tetapi ditambah satu loket sehingga bisa mempercepat pelayanan terhadap calon aparatur sipil negara itu.

"Kami menambah loket menjadi lima sehingga bisa semakin cepat melayani pelamar. Menjelang hari terakhir pendaftaran, jumlah pelamar mencapai ratusan orang sehingga harus cepat dilayani," ucapnya.

Dikatakan, pihaknya menurunkan 30 petugas yang melayani pelamar dan waktu penerimaan berkasnya juga diperpanjang hingga pukul 17.00 Wita kecuali hari Jumat pemeriksaan berkas hingga pukul 12.00 Wita.

"Kami juga menyiapkan `helpdesk` bagi pelamar yang kebingungan saat melengkapi berkas disamping jumlah petugas sebanyak 30 orang agar pelayanan dan proses verifikasinya bisa semakin cepat," ujarnya.

Sementara itu, memasuki hari ke-17 penerimaan berkas, sebanyak 8 formasi masih kosong karena tidak ada pelamar yang memilih formasi itu sehingga terancam hangus dan tidak bisa dialihkan ke formasi lain.

"Ada delapan formasi yang masih tidak ada pelamarnya yakni untuk dokter spesialis sebanyak 5 orang dan tiga orang dokter gigi. Jika tidak ada pelamar maka formasi itu akan hangus," katanya.

Jumlah formasi CPNS jalur umum yang menjadi kuota Pemkab Banjar tahun 2018 sebanyak 281 formasi terdiri dari tenaga guru, tenaga kesehatan dan tenaga teknis.
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018