Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Polda Kalsel mengirimkan tim khusus "Trauma Healing" ke Palu, Sulawesi Tengah untuk bertugas memulihkan psikis atau kejiwaan warga pasca bencana gempa bumi dan tsunami.

"Tim ini beranggotan 21 orang dengan komposisi Psikolog, Bhayangkari dan Polwan," terang Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani di Banjarmasin, Selasa.

Kapolda melepas langsung keberangkatan tim secara simbolis di kediaman dinasnya Jalan MT Haryono Banjarmasin Tengah. Nampak Wakapolda Brigjen Pol Nasri dan sejumlah pejabat utama Polda Kalsel turut hadir, termasuk Danrem 101/Antasari Kolonel Arm Syaiful Rahman dan istri.
Yazid berharap personel dan Bhayangkari yang mendapat kepercayaan itu dapat melaksanakan tugasnya secara optimal. Seperti halnya Tim Kesehatan dari Bidang Dokkes Polda Kalsel yang juga sudah bertugas di Palu. 

"Ini operasi kemanusiaan, tentu penanganannya berbeda jadi harus lebih sabar, tulus dan ikhlas dalam setiap tugas yang dijalankan," tutur jenderal bintang dua itu.

Sementara Ketua Bhayangkari Daerah Kalsel AKBP Rinny Wowor menjelaskan, peristiwa bencana alam memang  rentan membuat korban terkena gangguan stres atau trauma.

Untuk itu, pemulihan trauma (trauma healing) bisa jadi solusi guna membantu warga agar bisa bangkit dan kuat serta semangat menjalani hidup di masa depan. 

"Ada kelompok masyarakat yang perlu mendapatkan perhatian khusus dalam penanganan dampak psikologis bencana, yakni lansia, anak-anak dan perempuan. Mereka ini jadi prioritas tim trauma healing untuk dibantu," paparnya.
Istri Kapolda Kalsel ini memang paham betul soal penanganan psikologis. Maklum saja, dia merupakan Polwan bergelar Doktor Psikologi. Hebatnya, Rinny merupakan Polwan pertama yang menyandang gelar Doktor Program Psikologi Universitas Indonesia.

Adapun Tim Trauma Healing Polda Kalsel dipimpin Kabag Psikologi Biro SDM Polda Kalsel AKBP Novian Susilo dengan anggota Mayang Sari Ratna Dewi.

Kemudian jajaran Bhayangkari ada AKBP Elviyunita Welong, AKBP Ipur Handayani, AKP Sri Mining, Ipda Tri Lestari dan Ipda Rosmalina. 
Untuk Polwan ada Kompol Tri Menti, AKP Amalia Afifi, AKP Irmina, Ipda Yara Ulfa Riyani, Brigadir Halimatus, Bripda Okky Rosmayanti, Bripda Dhiyah Siswi, Bripda Nitinoor dan Bripda Mega Karmila.

Sedangkan tim pendukung dari Bidang Humas Polda Kalsel terdiri dari Brigadir Yuda Kristanto dan Briptu Putu Gede serta dari Satuan Brimob Aiptu Didi Hartono, Bharada Alfin dan Bharada Hayatullah.

Usai dilepas Kapolda, tim langsung bertolak ke Bandara Syamsudin Noor dan berangkat menggunakan Pesawat CN295 dengan registrasi P-4501 milik Korps Polairud Baharkam Polri menuju Palu.

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018