Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Polres Tanah Bumbu berhasil menyabet dua penghargaan di bidang lalu lintas yang diberikan oleh Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Yazid Fanani dalam acara syukuran Hari Lalu Lintas Bhayangkara yang ke-63 tahun 2018 di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri, Selasa (25/9).

"Alhamdulilah Bapak Kapolda dan Dirlantas memberikan apresiasi atas kinerja Polres Tanah Bumbu yang terbaik di dua kategori penghargaan," ucap Kasat Lantas Polres Tanah Bumbu AKP Novy Adhi Wibowo di Banjarmasin, Selasa.

Dikatakannya, adapun dua kategori yang diberikan kepada Polres berprestasi di bidang Lalu Lintas oleh Kapolda itu di antaranya Polres Tanah Bumbu untuk juara 1 Road Safety Partnership Action (RSPA) dan harapan 1 Kampung Tertib Lalu Lintas.

Penghargaan untuk RSPA telah diraih dua tahun berturut-turut oleh Polres Tanah Bumbu. Menurut Adhi, juara RSPA dapat diraih berkat kerjasama dan dukungan dari seluruh stakeholder yang turut aktif dalam kegiatan menciptakan situasi lalul intas yang berkeselamatan.

Di antaranya seperti kegiatan forum lalu lintas yang melibatkan Bappeda, Dinas PU, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas Perumahan dan Pemukiman, Dinas Pendidikan dan Jasa Raharja.

"Berbagai kegiatan kami lakukan seperti survey kelayakan jalan, survey sarana dan prasarana jalan, giat uji kelayakan kendaraan angkutan umum dan tes kesehatan supir angkutan serta kegiatan terpadu lainnya," papar Adhi kepada Kantor Berita Antara.
Kemudian untuk mewujudkan Kampung Tertib Lalu Lintas, Polres Tanah Bumbu menjadi pilot project Kampung Tertib Lalu Lintas Bersujud yang berlokasi di Jalan Manggis RT 08 Kelurahan Batulicin, Kecamatan Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu.

Alumni Akpol 2006 itu juga mengakui, persiapan dan pembenahan yang dilakukan itu bekerja sama dengan stakeholder terkait antara lain Dinas PU, Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Perumahan dan Pemukiman.

Dari segala pembenahan tersebut, ungkap Adhi, yang tidak kalah pentingnya adalah dukungan dari pihak Kelurahan Batulicin dan warga mempersiapkan lingkungannya, seperti pemasangan spanduk himbauan berlalu lintas, membuat garis marka jalan, pemasangan patok tepi jalan, pembenahan Pos Kampung Tertib Lalu Lintas serta menjaga kebersihan lingkungan.
Bahkan warga setempat juga turut peduli dalam menertibkan pengguna jalan yang melintas di Kampung Tertib Lalu Lintas Bersujud seperti penggunaan helm SNI, sehingga benar-benar terlihat tertib dalam berkendara.

"Sesuai pesan Bapak Kapolda agar kami menyadari kelemahan lalu melakukan perbaikan kedepan, hal itu menjadi dorongan motivasi kami untuk selalu berbuat yang terbaik di bawah komando dan binaan Bapak Kapolres Tanah Bumbu AKBP Kus Subiyantoro," tutur perwira Polri yang pernah menjabat sebagai Wakapolsekta Banjarmasin Tengah itu. 

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018