Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor menyambut kedatangan kelompok terbang 017 yang merupakan kloter terakhir jamaah haji Debarkasi Syamsuddin Noor Banjarmasin.

Gubernur Sahbirin Noor di Banjarmasin, Senin, menyatakan bersyukur karena seluruh kegiatan pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji berjalan lancar dan baik.

Saat penyambutan kedatangan mereka, rasa syukur, haru, dan bahagia terkesan terpancar dari anggota jamaah haji Kalsel yang baru tiba dari Madinah, Arab Saudi.?

Satu per satu haji yang turun dari pesawat disambut Gubernur Sahbirin dengan bersalaman. Sebagian anggota jamaah bersujud syukur di bandara.

"Alhamdulillah para jamaah haji dapat kembali lagi ke `Banua` dengan sehat dan selamat. Semoga bisa menjadi haji yang mabrur, yang membawa keberkahan bagi `Banua`," kata dia.

Menurut dia, pelaksanaan ibadah haji tahun ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.?

Dia mengharapkan pada tahun-tahun mendatang, pelayanan haji, khususnya di Embarkasi Banjarmasin, dapat terus ditingkatkan, dengan melengkapi seluruh fasilitas pelayanan di asrama haji maupun saat perjalanan.

"Ya, kita terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, termasuk dalam pelaksanaan ibadah haji," katanya.?

Salah satu upaya meningkatkan pelayanan haji, dengan mempercepat pembangunan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, dengan target selesai pada 2019.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalsel Noor Fahmi mengatakan kloter 017 Debarkasi Banjarmasin merupakan kloter terakhir. Semua anggota jamaah dan petugas haji Kalsel sudah kembali ke Tanah Air.

Anggota jamaah haji asal Kabupaten Tapin yang masih sakit dan dirawat di Arab Saudi akan dipulangkan setelah sehat.

"Alhamdulillah, semua jamaah dan petugas haji Kalsel hari ini dapat kembali. Kita juga berdoa, semoga jamaah haji yang dirawat dapat segera sembuh dan kembali ke `Banua`," katanya.

Sekitar pukul 08.32 wita, pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA8217 yang membawa jamaah haji Kalsel tiba di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin.

Jamaah haji yang tergabung dalam kloter 017 itu beranggota 324 orang yang terdiri atas 152 lak-laki dan 172 perempuan.

Mereka berasal dari Tanah Laut 240 orang, Banjarmasin 47 orang, Barito Kuala 28 orang, petugas daerah tiga orang, petugas kloter lima orang, dan seorang haji asal Provinsi Kalteng yang merupakan mutasi dari kloter 12.

 

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018