Batola (Antaranews Kalsel) -  Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) , mengapresiasi tinggi atas keteladanan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dalam menggerakan semua elemen masyarakat dalam mendukung program pembangunan nasional maupun daerah.

Salah satu yang menjadi kebanggaan MURI untuk  Paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalsel  itu adalah sosoknya yang tak kenal lelah mengajak masyarakat untuk mensukseskan Peringatan Hari Pangan Sedunia ( HPS) 2018.

" Kami menyaksikan sendiri hari ini,Sabtu 22 September 2019,sedikitnya lima ribu pelajar SMA/ SMK sederajat berpartisipasi langsung turun ke sawah menanam padi. Ini torehan sejarah luar biasa dari Kalsel, " terang Triiyono Manager MURI, di Lokasi HPS 2018, Desa Jejangkit, Batola  ( 22/9) pagi.

Triyono mengatakan Paman Birin termasuk salah satu sosok kepala daerah luar biasa dan membanggakan. Ini terbukti besarnya partisipasi masyarakat mendukung HPS.

Bahkan sejak MURI didirikan tahun 1990,  belum pernah ada kegiatan 5000 pelajar turun bersama ke sawah menanam padi. Ini  sebuah histori luar biasa dan membanggakan.

Paling membuat MURI terkesima adalah 5000 pelajar yang berpartisipasi penuh bangga melakukan aktivitasnya. Pelajar berasal  dari 4 daerah di Kalsel, yaitu Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Batola dan Kabupaten Banjar.

" Lima ribu pelajar ini akan menanam benih padi di atas hamparan lahan puluhan hektar yang telah disiapkan, " ucapnya.

Triyono menambahkan, untuk mengapresiasi kerja bersama luar biasa ini adalah sebuah kelayakan MURI menganugerahkan penghargaan MURI 2018 untuk Pemprov Kalsel, di mana sang sosok menjadi magnet kuatnya adalah Paman Birin.

Kategori penghargaan yang diberikan adalah Menanam Padi Pelajar Terbanyak.

Masih menurut Manager MURI ini, sebagai lembaga profesional yang diakui dunia tentu penghargaan yang diberikan pihaknya menjadi torehan sejarah bagi Pemprov Kalsel.

Pasalnya, penghargaan yang diberikan hanya  kepada lembaga atau pihak yang benar benar menoreh prestasi sejarah. Dalam catatan MURI, penghargaan untuk Pemprov  Kalsel ini masuk pada daftar penghargaan ke 8.689 sejak MURI berdiri.

Sementara Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, saat ditemui usai tatan padi bersama robuan pelahar  mengucapkan terima kasih atas apresiasi MURI untuk Pemprov Kalsel
 
" Apresiasi MURI ini adalah penghargaan untuk masyrakat, semua elemen yang telah bekerja keras dan terukur mendukung kegiatan persiapan HPS 2018 agar terlaksana dengan sukses," ucapnya.

Gubernur Kalsel menambahkan penghargaan MURi 2018 semakin memberikan semangat semua komponen masyrakat untuk selalu bergerak mempercepat  pembangunan di Kalsel, khususnya di sektor peratanian.

 

Pewarta: .

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018