Amuntai, (Antaranews Kalsel) - Sekitar enam ribu orang tua dan anak-anak turut menghadiri dan memeriahkan Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) yang digelar di Halaman Mesjid Raya At-Taqwa Amuntai.

Peringatan HAN 2018 tak kurang1500 anak TK dan SD yang mengisi berbagai acara, ditambah 500 orang undangan dewasa dan 4500 orang tua pendamping anak, para Kepala Desa dan Ketua Tim Penggerak PKK Desa, Ketua Dharma Wanita, Camat dan Dewan Guru.

Wakil Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H Husairi Abdi di Amuntai, Sabtu menyampaikan Selamat Hari Anak kepada anak-anak di Kabupaten HSU dan berharap anak-anak didaerahnya tumbuh dan berkembang menjadi anak sehat, cedas dan berakhlaqul karimah.

"Mari sama-sama kita wujudkan Status Kabupaten Layak Anak yang disandang Kabupaten Hulu Sungai Utara semakin meningkat sehingga semakin membantu tumbuh kembang anak-anak semakin sehat dan cerdas," ujar Husairi.

Husairi mengapresiasi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten HSU yang berhasil mewujudkan Kabupaten HSU sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA).

Bahkan, kata Husairi, status KLA yang di miliki Kabupaten HSU sudah meningkat dari  2017 yang sebelumnya berpredikat tingkat Pratama kini sudah ketingkat Madya.

Kepala DPPPA Kabupaten HSU Gusti Iskandariah mengatakan, Peringatan HAN bisa menjadi momentum untuk meningkatkan kepedulian dan komitmen semua pihak untuk meningkatkan pemenuhan hak anak.

"Semua kita harus melaksanakan kewajiban dan tanggung jawab memberikan perlindungan dan mewujudkan kesejahteraan anak," katanya.

Berbagai kegiatan anak dan permainan tradisonal digelar pada Peringatan HAN di Kabupaten HSU bertujuan memperkenalkan permainan tradisonal kepada anak sehingga tidak terlalu sibuk bermain gadget.

Pada moment HAN bekerja sama dengan Dinas Kesehatan juga menghimbau para orang tua untuk tidak takut membawa anak-anak melakukan Imunisasi Measles dan Rubella (MR) karena sudah keluar Fatwa Majelis Ulama Indonesia yang membolehkan.

Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2018 Tingkat Kabupaten HSU dengan Tema "Anak Indonesia Anak Jenius" berlangsung dengan penuh keceriaan. Peringatan Hari Anak Nasional juga di isi dengan beragam kegiatan positif seperti karnaval, hiburan berupa penampilan tarian, menyanyi Solo, Pentas Seni, Polisi Cilik.

"Acara ini juga bermaksud untuk  mendorong anak-anak agar menjadi gesit, berempati, berani, dan unggul," katanya.


 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018