Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor membuka Laga Nostalgia Sepakbola Para Pemain Senior memperebutkan Paman Birin Tropi II tahun 2018 di Lapangan Murjani Kota Banjarbaru, Jumat.
     
"Kami ingin ajang ini menjadi nostalgia bagi pemain sepakbola senior sekaligus memberikan contoh permainan yang baik bagi pesepakbola junior," ujar gubernur yang akrab di sapa Paman Birin itu.
     
Ia mengatakan, turnamen yang diselenggarakan kedua kalinya dimasa kepemimpinannya juga sekaligus sebagai sarana silaturahmi bagi pesepakbola senior khususnya di Kota Banjarbaru.
     
Dijelaskan, tim sepakbola yang menjadi peserta turnamen berasal dari 20 kelurahan di Kota Banjarbaru dengan usia diatas 40 tahun sehingga mereka bisa bernostalgia melalui sepakbola.
     
"Kita semua tahu sepakbola adalah olahraga semua kalangan dan semua usia sehingga melalui turnamen diharapkan pemain-pemain senior semakin terjalin silaturahminya," ungkap dia.
     
Dikatakan, pihaknya siap memberikan hadiah khusus bagi pencetak gol paling banyak (top skor) berupa hadiah umrah disamping uang tunai jutaan rupiah bagi tim yang keluar sebagai pemenang.
     
Ketua umum Paman Birin Tropi I 2018 Wahyudin mengatakan, jumlah peserta turnamen yang kedua kalinya itu masih tetap seperti tahun sebelumnya yakni 20 tim mewakili setiap kelurahan.
     
"Kami akan meningkatkan kualitas maupun jumlah peserta tahun depan sehingga turnamen semakin meriah," ujar Wahyudin yang juga menjabat Kepala BPBD Kalsel itu.
     
Disebutkan, setiap kabupaten dan kota se-Kalsel bisa menggelar turnamen di daerah dan tim senior terbaik akan mengikuti semifinal yang dilaksanakan di Lapangan Murjani Banjarbaru.
     
"Jadi akan ada 13 tim senior terbaik dari kabupaten dan kota yang bertanding dalam semifinal tahun depan dan khusus bagi Banjarbaru, tetapi dipertandingkan turnamen antarkelurahan," kata dia.
     
Sementara itu, pembukaan turnamen diisi laga persahabatan yang diikuti oleh Gubernur Kalsel Sahbiri Noor membela tim Pemprov Kalsel dan Wali Kota Nadjmi Adhani membela tim Pemkot Banjarbaru.
     
Skor akhir laga persahabatan yang diikuti anggota Forkopimda Banjarbaru dan Kabupaten Banjar serta pejabat Pemprov dan Pemkot berakhir imbang 1-1 melalui adu finalti.
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018