Barabai, (Antaranews Kalsel) - Ribuan pelajar yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) ikuti pawai ta'aruf  menyambut tahun baru islam 1 Muharram 1440 Hijriyah.

Plt Bupati HST H A Chairasnyah melepas langsung peserta pawai tersebut yang diikuti siswa sekolah dari tingkatan SD hingga SMP Sederajat di Lapangan Dwi Warna Barabai, Selasa (12/9) sekitar pukul 08.00 wita.

Para peserta dari berbagai sekolah itu terlihat membawa berbagai macam miniatur-miniatur, tulisan poster, spanduk dan berpakaian yang bernuansa keislaman dengan berjalan kaki mengelilingi kota Barabai.

Menurut Kabag Kesra Setda HST H Ahmadi, peserta terbaik mendapatkan hadiah uang pembinaan dari Pemkab HST yang totalnya sebesar Rp15 Juta.

Setelah dilakukan penjurian oleh panitia dari Kategori tingkat SD/MI, juara pertama adalah MIN 8 HST disusul SDIT Al Khair Barabai, MIN 1 HST dan harapan 1,2,3 adalah SDN 1 Barabai Timur, SDN 1 Barabai Darat serta SDN Kahakan.

Sedangkan dari tingkat SMP/MTs Sederajat yang menjadi terbaik pertama adalah Ponpes Darul Istiqamah Putera dan terbaik kedua serta ketiga adalah MTsN 2 HST dan SMPN 1 Barabai. Harapan 1,2,3 adalah MTs Diniyah Barabai, MTs Darul Inabah Banua Asam dan SMPN 3 Barabai.

Plt Bupati HST H A Chairansyah mengharapkan agar momentum penyambutan tahun baru islam ini dapat dijadikan agenda yang sangat positif bagi Pemkab HST terutama generasi muda agar mengetahui sejarah tahun baru islam, termasuk sejarah perjuangan Nabi Besar Muhammad SAW.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018