Oleh Herlina Lasmianti
    Barabai, 7/9 (Antara) -  Desa Barikin Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kaliman Selatan dikenal sebagai  desanya para seniman mengingat banyak seniman lokal  yang berasal dari wilayah ini.
    Kepala Seksi  Kebudayaan Dinas Pendidikan Kabupaten  HST Sunarno di Barabai mengatakan kepopuleran Desa Barikin sebagai desa seniman memang sudah diakui hingga luar Kalimantan .
    " Tahun ini Desa Barikin satu - satunya desa di Kalsel yang  jadi lokasi program seniman mengajar," jelas Sunarno.
      Terletak di Kecamatan Haruyan desa ini ditunjuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjadi tuan rumah dari program seniman mengajar  2018 sebagai wakil Kalsel yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia.
      Sunarno menyampaikan  program seniman mengajar  bertujuan  mengangkat dan memperkenalkan kesenian  daerah yang  masih bersifat lokal.
      "Melalui program seniman mengajar diharapkan kesenian lokal bisa lebih dikenal ke tingkat nasional dan internasional," jelas Sunarno.
     Selain banyak melahirkan seniman  'Bumi Murakata' ini juga dikenal sebagai Kota Religius dengan  menganut ragam budaya serta melestarikan adat istiadat.
     Salah satu seniman muda asal Desa Barikin Ofi Sarbaini  mengaku sangat bangga atas kedatangan para duta program seniman mengajar yang membagi ilmu dan karya seni yang mereka miliki.
       " Program seniman mengajar tiada lain demi kemajuan seniman daerah lebih eksis serta lebih meningkatkan kemampuan sehingga lebih dikenal oleh masyarakat luas," kata Ofi.
     Dalam program seniman mengajar ini hadir duta dari Kemendikbud yakni  Rahmad Ridho Oscar  (Padang), Rusdy (Pontianak),  Hoirul Hafifi  (Bangkalan) dan Vregina Diaz Magdalena (Jogjakarta).***1***

 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018