Amuntai, (Antaranews Kalsel) -Masyarakat Alabio Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan meriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriyah dengan menggelar Pawai pelajar dan santri, Marching Band, Pencak Silat dan Pembagian Doorprice.
 
Ketua Panitia Muhammad Said di Alabio, Sabtu mengatakan, kegiatan menyambut Tahun Baru Islam rutin dilaksanakan di Alabio oleh Pemuda Anshor.
 
"Kali ini sudah ke empat kalinya Pemuda Anshor melaksanakan kegiatan ini," ujar Said.

Said mengatakan, kesadaran Kaum Umat Islam di Alabio Kecamatan Sungai Pandan dalam menyambut Tahun Baru Islam setiap tahunnya cukup tinggi.

Terbukti ribuan pelajar tumpah ruah mengikuti Pawai Ta'aruf seraya mengenakan berbagai corak busana Muslim dan membawa aneka tulisan bertema menyambut 1 Muharram 1440 H.

Tokoh Nahdatul Ulama setempat H Syaifuddin berterima kasih para donator yang memperlihatkan kepedulian dan partisipasi membantu  kegiatan memeriahkan Tahun Baru Islam sehingga menyemarakan Syiar Islam di Alabio.

"Sangat wajar jika Umat Islam memperingati dan merayakan 1 Muharram karena merupakan salah satu hari besar Umat Islam dalam satu tahun kalender Hijriyah," kata Syaifuddin.

Selain 1 Muharram yang selalu dimeriahkan Umat, katanya, juga terdapat 12 Rabiul Awal, 27 Rajab, 17 Ramadhan, Hari Raya Idul Fitri, dan Hari Raya Idul Adha.
 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018