Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Personel Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Kalsel yang tergabung dalam Satgas Aman Nusa II BKO Polda Nusa Tenggara Barat mulai melakukan patroli kesehatan pengungsi di Lombok.

"Personel kami mulai bekerja dengan mendatangi lokasi pengungsian di Gunung Gili Trawangan, NTB," terang Kabid Dokkes Polda Kalsel AKBP dr Erwin Zainul Hakim di Banjarmasin, Kamis.

Sejumlah 4 personel Biddokkes dari Rumah Sakit Bhayangkara Hoegeng Iman Santoso Polda Kalsel yang terdiri dari Aiptu Triyono, Aipda Slamet, Bripka M Heriadi dan ASN Feriyanto menyambangi para pengungsi dengan keluhan rata-rata pusing dan ispa.

"Petugas mengecek tensi, pemberian vitamin dan pemberian terapi obat-obatan" beber Erwin.
Selain itu, juga dilakukan komunikasi terapeutik berbasis konseling bersama pengungsi serta edukasi tentang kesehatan.

Dari hasil pemeriksaan sementara, para pengungsi dalam keadaan sehat dan kondisi yang prima. Warga setempat juga memahami tentang cara hidup sehat dan kondisi kejiwaan yang stabil dan meringankan kecemasan.

Erwin pun mengapresiasi peran serta aktif personel Biddokkes Polda Kalsel dalam kegiatan kemanusiaan di NTB yang tergabung dalam Satgas aman Nusa II BKO Polda NTB.

"Penanganan rehabilitasi pasca gempa sangat penting. Jadi selain membangun kembali tempat tinggal yang hancur akibat gempa, kondisi kesehatan fisik dan psikis juga penting dipulihkan," pungkas Erwin.

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018