Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin Kalimantan Selatan melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempatn siap membagikan kartu e-KTP kepada warga.

Kepala Disdukcapil Banjarmasin Hj Rachmah Norlias kepada pers di balaikota Banjarmasin, Kamis menuturkan pihaknya baru mendapatkan kiriman kartu e-KTP sebanyak itu yang sudah dicetak pemerintah pusat. "Itupun dikirimnya dua tahap, tahap pertama sebanyak 600 lembar, tahap kedua 5.500 lembar," ujarnya seraya menyebutkan dari 600 lembar tahap pertama itu 200 lembar milik warga Kecamatan Banjarmasin Tengah, kecamatan lain masing-masing hanya 100 lembar.

"Kiriman tahap kedua 5500 lembar dibagi untuk warga Kecamatan Banjarmasin Timur 2.500 lembar dan warga Kecamatan Banjarmasin Barat sebanyak 3.000 lembar," paparnya.

Pembagian kartu e-KTP tercetak itu dimulai Rabu (13/6) di kecamatan masing-masing, namun itupun hanya yang tahap awal 600 lembar, sedangkan 5500 lembarnya dibagian kemudiani.

"Kita tidak pakai undangan lagi untuk pengambilannya, data penduduk yang mendapatkan E-KTP dipajang dikecamatan dan kelurahan," jelasnya.

Untuk pengambilan kartu e-KTP itu, ucap Rachmah, warga cukup membawa undangan pendataan e-KTP sebelumnya, atau membawa KTP, kalau masih tidak ada juga bawa Kartu Keluarga (KK) yang asli.

"Untuk lebih mudahnya, akan kita koordinasikan dengan kelurahan masing-masing, agar mereka dapat menghubungi RT masing-masing untuk menyampaikan ke warganya," beber Rachmah.

Selama ini, ungkap Rachmah, warga Banjarmasin yang berhasil didata identitas kependudukannya dalam program e-KTP ini di lima kecamatan sebenyak 367.772 jiwa dari 426.589 jiwa wajib KTP.

Sudah 86,2 persen terdata, ekitar 56.000 sekian warga lagi yang belum terdata e-KTP ini,demikian Rahmah Noorlias.



Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012