Marabahan, (Antaranews Kalsel)-Malam Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia (RI), di Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan  dilaksanakan Apel Taptu (Ketetapan Waktu).


Apel di halaman Kantor Bupati Batola ini dihadiri Bupati Batola Hj Noormiliyani AS, Wakil Bupati H Rahmadian Noor dan isteri Hj Saraswati Dwi Putranti, Ketua DPRD H Hikmatullah, para forkopimda masing-masing beserta isteri, Sekda H Spriyono dan isteri Hj Sri Wahyuningsih, para pejabat eselon II, III, IV, para dinas instansi, para pimpinan BUMN, BUMD, perbankan, perusahaan, dan berbagai lapisan masyarakat.

Bertindak selaku pembina pada Apel Taptu Komandan Kodim (Dandim) 1005 Marabahan Letkol ARH Erwin Hadi Santoso SKom.

Apel ditandai penyulutan obor dari pembina apel taptu dilanjutkan pawai obor yang diikuti para pelajar SMP dan SMA sederajat, para pasukan hansip, korpri, pemda, Satpol PP, BNNK, para karyawan Lapas, polisi dan pasukan TNI,

Pawai yang mengitari kawasan jalan dalam Kota Marabahan mulai depan Kantor Bupati Batola, dilanjutkan ke Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Baston, Jalan Pangeran Antasari, Jalan AES Nasution, Jalan Basuki Rahmat dan kembali ke halaman kantor Bupati Batola ini didahului parade drumband serta dikawal oleh patroli pengawal polisi lalu lintas.

Iring-iringan pawai yang dilengkapi obor yang menyala para peserta dikawal patroli pengawal polisi lalu lintas dan perhubungan dari Polres Batola. Arak-arakan obor yang dibawa peserta pawai menjadikan suasana Kota marabahan di malam {Peringatan HUT RI ke-73 ini menjadi semakin menyemarakan Kota Marabahan.

Pawai taptu mengandung syarat makna bagi generasi muda. Setidaknya melalui kegiatan dapat memberikan pengetahuan situasi yang dirasakan paara pendahulu ketika berjuang di tengah-tengah serba keterbatasan fasilitas dan penerangan.  

Selain pawai taptu, malam HUT Kemerdekaan RI ke-73 di Batola ini juga ditandai pelaksanaan Upacara Kehormatan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan 5 Desember  Marabahan.

Upacara yang dilaksanakan tepat pukul 00.00 ini juga dipimpin Dandim 1005 Marabahan Letkol ARH Erwin Hadi Santoso dan Komandan Upacara Kapten Inf Rudianto.

Prosesi Upacara Kehormatan dan Renungan Suci ini berisi pengucapan naskah kehormatan dari Inspektur Upacara dalam situasi gelap dan hanya diterangi obor.


 

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018