Pelaihari, (Antaranews Kalsel)-Gerakan Hijau Peduli Bekantan Tanah Laut (GAHIPBTA), Kalimantan Selatan mengharapkan adanya kepedulian dari Pemkab Tanah Laut dan perusahaan swasta menjaga kelestarian habitat Bekantan.


"Harapan kami dari GAHIPBTA sangat mengharapkan dukungan Pemkab Tanah Laut untuk kelestarian habitat Bekantan di Desa Panjaratan,"ujar Sekretaris GAHIPBTA Kumaini, Rabu (16/8).

Selain itu, menurut dia, Pemkab Tanah Laut  perlu mensosialisasi  bahaya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Tanah Laut, khususnya hutan di sekitar habitat Bekantan Desa Panjaratan.

"Tidak kalah pentingnya untuk tetap menjaga kelestarian habitat Bekantan Desa Panjaratan dilakukan penanaman pohon rambai, galam dan pohon produktif lainnya,"ungkapnya.

Dengan penghijauan tersebut, jelas dia, dapat menghijaukan kawasan hutan, bahkan sebagai tempat bermain dan istirahat maupun makanan untuk satwa Bekantan.

"Selain itu untuk menunjang pelestarian Bekantan Desa Panjaratan, kami sangat membutuhkan sarana dan prasarana, khususnya klotok untuk memonitor kawasan dan peralatan  pompa air untuk mengantisipasi kebakaran lahan,"tegasnya.

Lebih lanjut dia mengemukakan, pihaknya  meminta  pemerintah maupun perusahaan swasta di sekitar Desa Panjaratan benar-benar berkomitmen ikut ambil bagian dalam pelestarian  Bekantan.

Terpisah, Direktur LSM Merah Putih Hardiansyah sangat mendukung upaya pelestarian Bekantan Desa Panjaratan dilakukan Gerakan Hijau Peduli Bekantan Tanah Laut.

"Dukungan semua pihak sangat diharapkan untuk pelestarian lingkungan dan satwa langka Bekantan,"tandasnya.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018