Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Gabungan istri wakil rakyat (Gatriwara) Banjarbaru, Kalimantan Selatan, mendorong kain khas Sasirangan khususnya Sasirangan Bordir mendunia dan semakin dikenal masyarakat luar negeri.
     
Ketua Gatriwara Kota Banjarbaru Nahdatun Nusrah di Banjarbaru, Sabtu mengatakan, salah satu langkah yang dilakukan untuk mewujudkan "mimpi" itu melalui sebuah kegiatan.
     
"Kami menggelar pesona busana muslim Sasirangan Bordir dalam rangka peringatan Hari Keluarga Nasional yang dijadikan momentum memperkenalkan kain khas Banjarbaru itu," ujarnya.
     
Ia mengatakan, pihaknya khusus mengundang artis Terry Putri ke acara budaya yang dilaksanakan di Aula Gawi Sabarataan Pemkot Banjarbaru dihadiri pengurus PKK dan organisasi wanita.
     
Dijelaskan, artis kelahiran Banjarmasin Kalsel itu diundang karena sudah dua kali menggelar peragaan busana (fashion show) di luar negeri yakni di Kota Milan, Italia dan Belanda.
     
"Melalui Terry Putri kami ingin kain Sasirangan Bordir mendunia, apalagi dia mau menggelar peragaan busana di New York, Amerika," ungkap istri Ketua DPRD Kota Banjarbaru AR Iwansyah itu.
     
Menurut dia, Sasirangan bordir yang dijadikan kain khas Banjarbaru memiliki keindahan dibandingkan kain Sasirangan umumnya yang memang menjadi ciri khas masyarakat Kalsel.
     
"Sasirangan bordir Banjarbaru lebih unik dan indah karena dilengkapi benang sulam atau bordir yang menyesuaikan dengan motif sehingga memperkaya keindahan kain Sasirangan," ucapnya.
     
Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Ririen Nadjmi Adhani sangat mendukung upaya mengenalkan Sasirangan bordir sehingga Banjarbaru semakin dikenal sampai ke mancanegara.
     
"Kami sangat mendukung karena bisa semakin mengenalkan kain Sasirangan Bordir bukan hanya didalam negeri tetapi juga mancanegara," ujar istri Wali Kota Nadjmi Adhani itu.
     
Sementara, Terry Putri mengatakan dirinya siap menampilkan Sasirangan terutama Sasirangan Bordir saat tampil dalam peragaan busana muslim di Kota New York dalam waktu dekat.
     
"Saya sebagai orang Banjar bangga memperkenalkan Sasirangan ke tingkat dunia apalagi respon orang Milan dan Belanda sangat bagus saat saya tampil memadukan busana muslim dengan Kain Sasirangan," katanya.

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018