Barabai, (Antaranews Kalsel) - Ketua TP PKK sekaligus Bunda PAUD Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Hj Ernawati Chairansyah mengharapkan adanya sekolah PAUD dan Posyandu di Awang Landas anak Desa Sungai Buluh Kecamatan Labuan Amas Utara (LAU).

"Karena letak desa yang lumayan jauh dan hanya bisa ditempuh menggunakan perahu, maka keberadaan Posyandu dan PAUD sangat penting di Awang Landas. Saya pernah dan merasakan kesana, Kasian anak-anak kita kalau harus menuju Sungai Buluh dengan jarak yang jauh dan berbahaya," kata Hj Ernawati, Jum'at (20/7) di Barabai.

Menurutnya dengan menyaksikan secara langsung kegiatan dan keberadaan ibu-ibu rumah tangga di Desa Awang Landas juga harus didukung juga oleh Pemerintah Daerah.

"Mereka menupang perekonomian untuk membantu suami dalam mencari nafkah khususnya dalam mengolah tangkapan ikan air tawar, seharusnya penghasilan yang mereka peroleh bisa lebih ditingkatkan dan punya nilai jual yang lebih tinggi," katanya.

Dia berharap kepada Ibu-ibu untuk  bisa bergabung dalam organisasi PKK Desa dengan tujuan bisa terjalin silaturrahmi antar sesama warga khusunya bagi para ibu.

Selain itu Dia mengatakan, organisasi ini juga bisa dijadikan sarana untuk membuka wawasan Ilmu pengetahuan dan keterampilan sehingga para ibu bisa menambah kepintaran serta wawasan yang luas.

"Sudah dimaklumi biasanya para ibu rumah tangga selalu terfokus hanya sebagai pendamping suami tanpa termotivasi untuk melakukan perubahan dan peningkatan ke tahap kesejahteraan," katanya.

Dia menyatakan akan secara khusus nantinya meminta ke Dinas Kesehatan supaya di adakan posyandu bagi anak belita agar ibu dan anak bisa terhindar dari gizi buruk.

Sementara kepada Dinas Pendidikan dia akan mengkoordinasikan secepatnya agar diadakan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sehingga akses pemerataan di segala bidang bisa terlaksana dengan baik," katanya.

Ketua PKK Kecamatan LAU Elsa Anhar mengatakan siap mengkoordinasikan dengan pihak terkait sehingga apa yang sudah dprogramkan baik posyandu dan PAUD bisa dilaksanakan di Awang Landas dengan mengharapkan partisipasi dan peran aktif PKK Desa Sungai Buluh.

Warga menyambut baik dan gembira niat yang disampaikan TP PKK tersebut, mengingat keberadaan mereka di tengah rawa dan sungai, jadi sangat sulit menjangkau layanan kesehatan ibu dan anak.

Apalagi jalur pendidikan yang selama ini mereka rasakan hanya menyekolahkan anak ke tingkat SD, sementara Pendidikan Anak Usia Dini masih belum terjangkau, mereka berharap program tersebut bisa terwujud secepatnya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018