Banjarmasin (Antaranews kalsel) - Kloter pertama Jamaah Calon Haji (JCH) Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang berasal dari Kota Banjarmasin sudah memasuki asrama haji.

Kepala Kemenag Kalsel H Noor Fahmi di Banjarmasin, Rabu, mengatakan JCH kloter pertama ini sudah memasuki asrama haji pada Rabu (18/7) sekitar pukul 15.00 Wita.

"Rombongan calon haji kloter pertama ini awalnya dilepas keluarganya bersama pemerintah setempat bertempat di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, baru dibawa sekitar sepuluh bus ke asrama haji," paparnya.

Menurut Noor Fahmi mengungkapkan, jumlah calon haji asal Banjarmasin yang akan berangkat nanti sebanyak 320 orang plus 5 orang petugas haji daerah.

Nantinya, lanjut dia, kloter pertama ini akan berangkat dari Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin di Banjarbaru ke Bandara Madinah Arab Saudi pukul 14.35 Wita pada 19 Juli 2018.

"Diperkirakan para JCH kloter pertama Embarkasi Banjarmasin ini tiba di Bandara Madinah Arab Saudi pukul 19.35 waktu setempat pada 19 Juli 2018 juga," ujar Noor Fahmi.

Setelah itu keberangkatannya akan disusul kloter kedua dari JCH Kabupaten Tapin, Tabalong dan Banjar pada 21 Juli. Jumlah JCH kloter ini sama, yakni 320 plus 5 orang petugas haji daerah. Mereka harus masuk asrama dulu H-1 keberangkatan.

Ditegaskan dia, para Calhaj yang berangkat harus masuk asrama haji terlebih dahulu. Karena akan dilakukan pendataan administrasi hingga persoalan lain seperti pendataan jamaah yang lanjut usia.

Menurut dia, keberangkatan Calhaj Embarkasi Banjarmasin akan dibagi dua gelombang.

Yakni, terangnya, gelombang pertama mulai dari kloter 1 hingga 7 akan diberangkatakan dari Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin ke Bandara Madinah.

Sementara gelombang kedua dari kloter 8 hingga 17 diberangkatkan dari Bandara Syamsudin Noor langsung ke Bandara Jeddah untuk ke tanah suci Mekkah.

Untuk diketahui, kata Noor Fahmi, selain Calhaj asal Kalsel, tahun ini di Embarkasi Banjarmasin juga masih tergabung dengan Calhaj?asal Kalimantan Tengah. Calhaj asal provinsi tetangga ini diberangkatkan di gelombang ke dua. Yakni kloter 8, 10, 11, 12 dan 22.

Sementara, Kloter terakhir 17, akan memberangkatkan JCH asal daerah Banjarmasin, Batola dan Tanah Laut. Mereka akan berangkat pada 13 Agustus 2018 pada pukul 08.25 Wita.

Menurut dia, untuk jumlah kuota haji Kalsel sendiri sama seperti tahun lalu sebanyak 3.831 orang.

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018