Surabaya, (Antaranews Kalsel) - Momentum halalbihalal Kerukunan Keluarga Kalimantan (K3) Jawa Timur dimanfaatkan oleh warga asal Kalimantan, termasuk urang Banjar yang bermukim di Jawa Timur,  untuk bersilaturahmi melepas kerinduan dengan sesama urang Banjar, Minggu (15/7) di Graha Barunawati. 

Dikatakan, H Ma'mun Hasan yang mewakili Ketua K3 Jatim bahwa untuk menemui urang Banjar di daerah Jawa Timur ini sangat mudah, cukup datang ke Masjid yang ada di daerah ini. 

Karena di masjid-masjid tersebut, selain sering shalat berjamaah dan melakukan aktivitas keagamaan lainnya, mereka juga terkadang menjadi mu'azin atau imam. 

"Lamun pian handak manaui urang banjar di Jawa Timur, nyaman haja, datangi ja masjid, Insyaallah ada urang Banjar, ada jua yang menjadi mu'adzin atau imam" sebutnya dengan bahasa Banjar. 

Pria yang asli berasal dari Sungai Jingah ini mengharapkan melalui halalbihalal ini dapat terus merekatkan kebersamaan, silaturrahmi dengan penuh kekeluargaan. Serta ia juga mengharapkan, suatu saat K3 Jatim ini dapat memiliki kantor Sekretariat seperti kerukunan warga lainnya. 

"Melalui halalbihalal ini, saya berharap dapat merekatkan kerukunan keluarga Kalimantan, keluarga Banjar. Kami juga berharap, suatu saat nanti, K3 Jatim dapat memeiliki kantor Sekretariat sama seperti kerukunan keluarga lainnya, seperti warga minang, dan lain sebagainya" ujarnya. 

Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Prov Kalse, Ir Syamsir Rahman, MS yang hadir mewakili Gubernur Kalsel mengaku bangga atas kerekatan dan kebersamaan K3 Jatim. 

"Saya berada di tengah-tengah para sepuh yang telah puluhan tahun menetap di Banua Urang, saya menganggapnya seperti orang tua sendiri, abah wan mama ulun" ujar Syamsir tulus. 

Dalam kesempatan itu pula, Syamsir menyampaikan sambutan tertulis Gubernur Kalsel. Di mana, Syamsir menyampaikan berbagai progres pembangunan di Kalsel, seperti kesuksesan pelaksanaan Pilkada serentak, progres pembangunan Bandara  Syamsudin Noor yang akan selesai di tahun 2019 dan akan menjadi salah satu bandara terbaik di Indonesia. 

Sellain itu, Syamsir juga menyampaikan rencana pembangunan Kawasan Industri Jorong dan Batulicin. 

Dengan berbagai progres pembangunan ini, dapat menjadikan Kalsel lebih maju dan terdepan atau Mapan sebagaimana visi misi Pemprov Kalselsaat ini. 

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara,  mengaku bersyukur dapat menggelar kegiatan silaturrahmi yang rutin diselenggarakan setiap tahun. 
"Alhamdulliah, tahun kita dapat kembali menggelar Halalbihalal Kerukunan Keluarga Kalimantan (K3) Jawa Timur, meski Halalbihalal ini dilaksanakan di luar bulan Syawal, tidak mengurangi semangat kami untuk merajut silaturrahmi antar warga Kalimantan maupun warga Banjar" ujarnya

Dalam m silaturrahmi ini juga digelar bazar yang menghadirkan sejumlah makanan, jajanan, maupun souvenir khas pulau Kalimantan di tampilkan di depan gedung pertemuan warga K3.

Salah satu urang Banjar yang bermukim di Surabaya, Bu Novri, mengaku sangat senang bila bertemu dengan kerabat dari  Banjar. 

"Uun hinung banar bila betamu lawan urang Banjar, karena sejak pensiun dari ASN kami bermukim di Surabaya" ujarnya. 

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018