Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Pelatihan 300 peserta Bela Eksistensi Tanah Air (BETA) Banua I Tahun 2018 yang digembleng di Batalyon Infanteri (Yonif) 623/Bhakti Wira Utama berakhir Rabu (11/7) malam. Alumni BETA pun diingatkan harus sejiwa dan bisa menjaga nama baik Korem 101/Antasari.

"Apapun bentuknya, kalian sekarang harus sejiwa dan memiliki visi dan misi yang sama untuk bela negara dan berbuat terbaik untuk bangsa," kata Komandan Korem 101/Antasari Kolonel Inf Yudianto Putrajaya.
(antarakalsel/foto/firman)
Hal itu dikatakan Danrem saat acara penutupan pelatihan BETA Banua I. Di hadapan para pemuda yang berasal dari 13 kabupaten dan kota di Kalsel itu, dia berpesan agar menjaga nama baik perorangan dan nama baik organisasi, termasuk nama baik Pemerintah Provinsi Kalsel dalam hal ini Gubernur Paman Birin.

"Anggota BETA adalah mitra Korem dan Kodim jajaran, jadi segala tindakan akan terus membawa nama TNI dan sepatutnya dijaga baik-baik perilaku dan perbuatan," tuturnya menekankan.

Momen pelatihan menjadi anggota BETA pun menurut Putra, adalah kesempatan bagi peserta untuk mengubah karakter dan itu telah didapatkan pasca ditutupnya secara resmi angkatan pertama tersebut.
(antarakalsel/foto/firman)
Sementara Ketua DPRD Provinsi Kalsel Burhanuddin yang turut hadir dalam upacara penutupan pelatihan BETA optimis anggota BETA bisa diberdayakan di berbagai sektor pekerjaan.

"Kami berharap perusahaan swasta atau apapun, bisa menerima mereka bekerja sesuai kemampuan yang dimiliki. Yang pasti anggota BETA berguna bagi daerah sekaligus menekan penyakit masyarakat yang kerap dilakukan preman dan pengangguran," paparnya.

Usai menjalani pelatihan selama tiga hari mulai 9 hingga 11 Juli 2018, anggota BETA kini telah dibekali pengetahuan, keterampilan, berkepribadian baik dan berkarakter serta semangat dan kesadaran bela negara.
(antarakalsel/foto/firman)
Dilatih prajurit-prajurit terbaik yang langsung dikomandoi Danyonif 623/BWU Letkol Inf Roy Fahrul Rozi, anggota BETA ditempa latihan fisik dan non fisik yang merubah sikap mereka menjadi lebih baik; disiplin dan penuh rasa tanggung jawab.

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018