Dinas tanaman pangan, peternakan dan perikanan Tabalong, Kalimantan Selatan gelar forum permodalan bagi puluhan pembudidaya ikan.

Menurut Kabid perikanan, Khairin, forum permodalan mencakup kegiatan pengolahan dan pemasaran hasil perikanan, dengan melibatkan para pembudidaya, pengolahan dan pedagang ikan dari 12 kecamatan di Tabalong.

"Kegiatan forum permodalahan merupakan bagian sistem penyuluhan perikanan mengingat masalah permodalan jadi kendala dalam peningkatan produksi perikanan," jelas Khairin, Kamis di Tanjung, ibukota Tabalong.

Melalui forum permodalan para kelompok tani mendapatkan wawasan terkait program kegiatan bidang perikanan dan kredit usaha rakyat (KUR) dari pihak perbankan.

Mewakili BNI kantor layanan Tanjung, Heliyadi menjelaskan kredit usaha rakyat (KUR) diberikan bagi UKM yang feasible. "Dengan pola penyaluran langsung dan tidak langsung, penjaminan KUR sebesar 80 persen untuk sektor pertanian, kelautan dan perikanan, kehutanan, industri kecil dan tenaga kerja," jelas Heliyadi..

Sedangkan untuk sektor lain penjaminan KUR sebesar 70 persen. Sementara itu produksi perikanan di Tabalong ditargetkan sebanyak 1.130 ton untuk jenis ikan kolam dan 1.592 ton ikan keramba pada 2012.

Untuk pengembangan sumber daya perikanan, Distanakkan setempat melakukan peningkatan bibit unggul dan optimalisasi pengolahan serta pemasaran perikanan.

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012