Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Gelar halal bihalal alumni santri pondok pesantren Al-Falah Banjarbaru dilangsungkan di Kabupaten Tanah Bumbu, Kamis.

Halal bihalal tersebut dilaksanakan Ikatan Keluarga Besar Ponpes Al-Falah Banjarbaru wilayah Tanah Bumbu dan Kotabaru di Majelis Ta'lim Kumala Nur Furqan.

Kegiatan ini pun dihadiri puluhan dewan guru Ponpes Al-Falah Banjarbaru dan ratusan alumni santri dari berbagai daerah, tidak hanya di Tanbu dan Kotabaru, tapi dari Banjarmasin hingga Kalimantan Timur (Kaltim).

Penasehat Ikatan Alumni Santri Al-Falah Banjarbaru wilayah Tanbu dan Kotabaru Ustadz Asrani Basirun mengungkapkan, kegiatan ini digelar untuk meningkatkan tali silaturrahmi tidak hanya sesama alumni tapi juga dengan para guru yang sangat besar jasanya.

"Dulu kita bersama di Ponpes bertahun-tahun menuntut ilmu, bahkan makan dan mandi bersama, kekeluargaan kita sebagai santri ini jangan sampai putus, keinginan kuat itu hingga diselenggarakannya acara ini," ujarnya.

Sementara itu, pimpinan Ponpes Al-Falah Putera Banjarbaru KH Samsuni menyatakan apresiasinya terhadap acara halal bihalal para alumni santri Al-Falah wilayah Tanbu dan Kotabaru ini.
 
Menurut dia, berkat kebaikan alumni dalam mengamalkan ilmunya di kampung halamannya, Ponpes Al-Falah Banjarbaru selalu penuh pendaftaran murid baru.

"Ini berkat para alumni memberikan kesan baik saat sudah berada di masyarakat, hingga mereka percaya menitipkan anaknya ke Ponpes kita," ucapnya.

Saat ini, ungkap dia, jumlah santri Al-Falah Banjarbaru baik di putra maupun putri sekitar 5.000 orang.

Dari itu, kata dia, para alumni santri Al-Falah hendaknya berupaya membangun lembaga pendidikan agama atau pondok pesantren, sebab minat orangtua memasukkan anaknya ke Ponpes sangat tinggi.

"Ini terbukti dengan tingginya minat orangtua memasukkan anaknya ke Ponpes Al-Falah kita, bahkan harus ditolak karena berlebihan kuota," pungkasnya.


 

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018