Pelaihari, 27/6 (Antara)-Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan Arif Muhyar mengatakan, perhitungan sementara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tanah Laut 2018, pasangan Sukamta – Abdi Rahman unggul sementara dari pasangan Bambang Alamsyah – Ahmad Nizar.
     

“Hingga pukul 20:00 Wita jumlah suara yang masuk ke KPUD Tanah Laut baru 9,44 persen dari tiga kecamatan yakni, Kecamatan Pelaihari, Takisung dan Tambang Ulang,” ujar Ketua KPUD Tanah Laut Arif Muhyar, di Pelaihari, Rabu.
 
Menurut dia, dari jumlah tersebut pasangan Sukamta-Abdi Rahman berhasil meraih 10.414 suara atau 61,17 persen dan pasangan Bambang Alamsyah-Ahmad Nizar meraih suara 6.610 suara atau 38,83 persen.
 
Jadi, sebut dia, berhitungan KPUD Tanah Laut secara online sudah mencapai 9,44 persen dari tiga kecamatan di Tanah Laut.
   
Berkaitan dengan perhitungan cepat di masing-masing pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tanah Laut, ungkap dia, hendaknya hanya disampaikan di internal tim sukses masing-masing.
     
Lebih lanjut dia mengemukakan, perhitungan suara di tingkat panitia pemilihan kecamatan ditargetkan rampung antara tanggal 29 sampai 30 Juni 2018.
     
Sedangkan perhitungan perolehan suara di tingkat kabupaten, jelas dia, ditargetkan tanggal 4 Juli 2018 sudah selesai dilaksanakan.
     
Berkaitan dengan perhitungan suara, ungkap dia, KPUD Tanah Laut juga secara terbuka menyiarkan di website milik KPUD Tanah Laut, hingga suara yang masuk 70 persen baru ditutup.
     
“Kebijakan menutup perhitungan suara di website KPUD Tanah Laut hingga 70 persen. Kebijakan ini dilakukan untuk menghindari polemik,” tandasnya.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018