Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Seorang anak tukang jahit berhasil meraih ranking satu hasil seleksi calon Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) tingkat Panitia daerah (Panda) Polda Kalsel.

Keberhasilan peserta dari kalangan keluarga sederhana itupun diapresiasi Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana. Dia secara khusus sempat menemui orangtua calon Taruna ketika sidang terbuka kelulusan tingkat Panda di Aula Mathilda Batlayeri.

"Pak Samsul hanyalah seorang tukang jahit dan hanya mendukung anaknya Muhammad Rizky Febrianoor melalui doa. Syukur alhamdulilah doa beliau dikabulkan oleh Allah SWT dan semoga Rizky bisa lulus di tingkat pusat nanti," ucap Rachmat Mulyana.

Muhammad Rizky Febrianoor berhasil berada di posisi teratas dari 8 orang, dengan rincian 7 calon Taruna Polki dan 1 calon Taruna Polwan yang bakal berangkat ke Jakarta mengikuti seleksi akhir di tingkat pusat.
(antarakalsel/foto/humaspoldakalsel)
Hasil itupun membuat Kapolda mengaku bangga sekaligus terharu. Selain Rizky yang orangtunya hanya penjahit, ada juga peserta calon Taruna Akpol yang berada di peringkat kedua dari anak seorang tukang pentol asal Kabupaten Tanah Laut.

Kapolda menegaskan, tidak ada celah sedikit pun untuk berbuat curang dalam proses seleksi penerimaan anggota Polri, karena semua tahapan mengacu pada prinsip dasar peneriman yaitu Betah (bersih, transparan, akuntabel dan humanis)
serta clear and clean.

"Kuncinya adalah percaya pada kemampuan diri sendiri. Seperti Rizky contohnya, saya sempat melihat waktu tes akademik dia begitu santai karena dia percaya diri. Saya berharap dan turut mendoakan agar semua peserta yang dikirim bisa lulus semua," tuturnya.
(antarakalsel/foto/humaspoldakalsel)
Sementara Karo SDM Polda Kalsel Kombes Pol Nanang Chadarusman mengaku bersyukur seluruh rangkaian seleksi penerimaan calon anggota Polri tahun 2018 tingkat Panda Polda Kalsel selesai dan berjalan sesuai rencana.

"Selain Taruna Akpol, untuk calon Bintara PTU dan Komsus yang dinyatakan lulus sebanyak 181 orang terdiri dari 169 Polki dan 12 Polwan. Sedangkan untuk Tamtama Polri berjumlah 8 orang," tandasnya.

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018