Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Sarana transportasi umum antar kota dalam provinsi di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, hingga saat ini masih dipenuhi penumpang arus balik Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah.

Seorang pengusaha bus eksekutif antarkota dalam provinsi (AKDP) Nuraqsin, di Kotabaru, Ahad mengatakan hingga hari ini pihaknya mengoperasikan minimal dua bus untuk mengangkut penumpang yang baru saja liburan hari raya.

"Sedangkan pada hari-hari biasa, penumpang yang ada cukup dilayani satu bus, hanya sekali-kali pada momen tertentu perlu dua bus," katanya.

Dia menjelaskan, untuk penumpang bus dari Banjarmasin tujuan Kotabaru, mayoritas adalah karyawan perusahaan, perkantoran pemerintah, badan usaha milik negara, dan swasta.

Sedangkan penumpang dari Kotabaru tujuan Banjarmasin sebagian besar adalah mahasiswa, pelajar, dan masyarakat umum.

"Sehari setelah lebaran jumlah penumpang dari Banjarmasin tujuan Kotabaru terus membludak," kata seorag sopir bus, Udin.

Hal yang sama juga dirasakan oleh sejumlah sopir yang lainnya, di mana jumlah penumpang membludak sehari setelah lebaran hingga saat ini.

Menurut seorang pengusaha armada, Abu Bakar, meningkatnya jumlah penumpang salah satunya disebabkan liburan lebaran bersamaan dengan libur panjang sekolah dan perguruan tinggi.

"Jadwal masuk sekolah yang tidak bersamaan dengan jadwal masuk kerja, membuat masyarakat yang bukan sebagai pegawai, ataupun keryawan lebih santai menikmati liburan panjang dengan berkunjung ke sanak keluarga yang jauh," kata dia.

"Hal itu menyebabkan penumpang arus balik masih terus terjadi hingga hari ini. Biasanya arus balik paling lama terjadi sepekan setelah lebaran," jelasnya.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Kotabaru Nurvisah hingga saat ini belum berhasil dikonfirmasi terkait masih banyaknya jumlah penumpang AKDP di Kotabaru.
 

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018