Amuntai, (Antaranews Kalsel) -Sholat Ied dilaksnakan Umat Islam di Kabupaten Hulu Sungai Utara di Mesjid Raya At-Taqwa Amuntai diimami H Zainuddin Arief dengan Khotbah disampaikan Ketua Majelis Ulama Indonesia setempat KH Said Masrawan Lc.
 
Ketua MUI Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dalam Khotbahnya menyampaikan bahwasanya sholat Idul fitri adalah sholat kemenangan bagi umat muslim karena telah berhasil menjalankan Ibadah Puasa sebulan sepenuh. 

"Jadi hari raya hendaknya jadi titik tolak untuk menjalani lembaran baru semangat baru untuk menjalani kehidupan kedepan yang sesuai tuntunan Syariat Allah SWT," ujar Said Masrawan di Amuntai pada Jum'at pagi.

Said mengatakan, ibadah puasa beserta amalan ibadah lainnya di Bulan Ramadan kemaren seharusnya mampu membentuk Insan yang beriman dan Bertaqwa, sehingga segala dosa diampuni dan kedepan menjadi lembaran baru dalam meningkatkan amal ibadah.

Dikatakan, Sholat idul fitri pada dasarnya untuk membesar besarkan Asma Allah dan mengecilkan selain Allah dengan mengumandangkan takbir, karena manusia menyadari betapa lemah mereka dihadapan Allah.

Said juga berharap adanya mudik ke kampung halaman bisa semakin mempererat jalinan tali silaturrahim dikalangan Umat Islam sehingga memperkuat Ukhuwah Islamiyah.

Sholat Ied di Mesjid Raya Amuntai dihadiri Bupati HSU Abdul Wahid, Wakil Bupati H Husairi Abdi, Ketua DPRD H Syahrujani, Dandim 1001 Amuntai /Balangan Letkol Cpn Sundoro Agung Nugroho, Plt. Sekda HSU Suyudi serta para alim ulama, pejabat dan tokoh masyarakat.

Pelaksanaan Sholat Ied juga dilaksanakan sebagian Umat Islam di Lapangan Pahlawan Amuntai, khususnya dari kalangan Muhammadiyah dengan diimami Drs H Noor Auliya dan Khotbah disampaikan Dr Wahyuddin MSi dari Banjarmasin.
 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018