Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Terminal tipe B Kilometer Enam (KM-6) Banjarmasin, Kalimantan Selatan telah memberangkatkan total sebanyak 25 bus Antarkota Antarprovinsi (AKAP) untuk berbagai jurusan pada arus mudik lebaran 1439 H/2018 M.

Kasi Wilayah 1 Terminal Tipe B Dishub Provinsi Kalsel H. Achmad Husaini di Banjarmasin, Selasa, mengungkapkan, arus mudik lebaran di terminal KM-6 mengalami puncaknya pada Selasa (12/6) atau H-3.

"Peningkatannya mencapai 100 persen lebih kedatangan penumpang pada hari ini (Selasa), jadi bisa dikatakan terjadi puncaknya," papar A Husaini.

Menurut dia, terjadinya puncak arus mudik ini tidak hanya jurusan AKAP, yakni, Banjarmasin tujuan Balikpapan-Samarinda wilayah provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Banjarmasin tujuan Palangkaraya-Sampit wilayah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Tapi juga, lanjut A Husaini, untuk jurusan Antarkota Dalam Provinsi (AKDP) untuk Banua Enam, yakni, Tapin, Kandangan, Barabai, Amuntai, Tanjung dan Balangan.

Demikian juga, katanya, jurusan AKDP untuk kewilayah Palaihari, Tanah Bumbu dan Kotabaru.

"Total yang kita catat hingga bari ini untuk jurusan AKDP ini mencapai 45 armada, baik jenis taksi L-300 atau bus kafasitas sedang," paparnya.

Menurut A Husaini, arus mudik di terminal KM-6 Banjarmasin terpantau aman dan keberangkatan sesuai jadwal.

"Jadi tidak terjadi penumpukan penumpang yang sangat banyak, semua berangkat sesuai jadwal," ujarnya.

Pihaknya di Dishub provinsi memperkirakan, arus puncak kedatangan penumpang mudik lebaran kekampung halaman lewat terminal KM-6 Banjarmasin terjadi hingga besok (Rabu, 13/6).

"Untuk persiapan armada kita rasa mencukupi, sehingga tidak akan ada penumpang yang terlantar," pungkasnya.

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018