Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kapolres Banjarbaru AKBP Kelana Jaya mengimbau warga agar waspada terhadap aksi maling dan kebakaran rumah kosong kala ditinggal mudik penghuninya.

"Jadi pastikan keamanan rumah saat ditinggal mudik Lebaran agar mencegah hal-hal tak diinginkan terjadi," terangnya, Minggu.

Untuk itu, Kelana meminta agar penghuni rumah bisa mengecek aliran listrik dan gas karena hubungan arus pendek listrik dan kebocoran gas sering jadi biang keladi penyebab kebakaran di rumah kosong.

"Jangan lupa mematikan saklar dan perleng yang memiliki banyak sambungan dan melepas kabel dari stop kontak. Kemudian lepas regulator dari tabung gas, dan periksa apakah ada kebocoran sewaktu regulator di lepas," paparnya mengingatkan.
(antarakalsel/foto/humaspolresbanjarbaru)

Sebelum pergi, juga bisa meminta tolong pada tetangga yang tidak mudik, atau petugas keamanan untuk mengawasi rumah.

"Sebaiknya juga melapor kepada Ketua RT atau Bhabinkamtibmas, sehingga nanti petugas mengetahui mana saja perumahan yang banyak kosong ditinggal mudik guna meningkatkan patroli di wilayah setempat," jelas Kelana.

Sedangkan bagi warga yang ingin menitipkan sepeda motor, Polres Banjarbaru dan seluruh Polsek juga siap dijadikan tempat penitipan guna mencegah aksi curanmor, maka kala ditaruh di rumah kosong.

"Kami berharap momen Lebaran Idul Fitri tahun ini menjadi kebahagiaan bagi semua umat muslim tanpa diganggu aksi kriminalitas dan Polres Banjarbaru siap memberikan pengamanan dan pelayanan maksimal kepada warga yang membutuhkan bantuan dan sebagainya," pungkas Kelana.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018