Marabahan, (Antaranews Kalsel)-Gabungan organisasi wanita (GOW)  terdiri dari TP-PKK, DWP, Yayasan Bunga Karamunting (YBM), Bank Kalsel Cabang Marabahan, Disperindag, Dinas Ketahanan Pangan, dan Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Barito Kuala dan Dinas Perdagangan Provinsi  Kalimantan Selatan melaksanakan Pasar Murah Ramadhan (PMR) 1439 Hijriyah bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kalsel, Selasa (5/6).


Pasar Murah Ramadhan 1439 H tersebut  rutin dilaksanakan sejak tahun 2009 itu, sedikitnya menyediakan 2.624 paket sembako murah,  masing-masing dari TP-PKK 790 paket, Dharma Wanita Persatuan (DWP) 1.310 paket dan Yayasan Bunga Karamunting 520 paket.

Sementara Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan menyediakan 100 kilogram beras dan Dinas Peternakan menyediakan 60 rak telur ayam.
Paket berisi 2 kilogram gula pasir, 1 kilogram tepung terigu, 2 liter minyak goreng, 2 bungkus blue band, dan 2 kaleng susu kental manis  hanya dijual seharga Rp25 ribu.

Padahal,  jika mengacu harga di pasar nilainya mencapai sekitar Rp100 ribu. Miringnya harga jual paket sembako karena mendapat subsidi dari masing-masing instansi.

Paket yang berasal dari TP-PKK disediakan untuk melayani tukang becak, ojek, taksi, klotok, fery, juru parkir, dan tukang cukur rambut, sukarelawan Damkar, serta pedagang ikan dan sayur.

Sembako yang berasal dari DWP disediakan untuk para honorer dan pegawai golongan I dan II. Sementara untuk kelompok pengajian Ummul Khadijah disediakan oleh Yayasan Bunga Karamunting (YBK) bekerjasama dengan Bank Kalsel Cabang Marabahan.

Kegiatan Pasar Murah dibuka Ketua TP-PKK Batola Hj Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor juga dilakukan peninjauan Bupati Batola Hj Noormiliyani AS.

Sebelum melakukan peninjauan masing-masing stand mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel itu menyempatkan menyerahkan paket sembako secara simbolis kepada warga sebagai tanda dimulainya kegiatan.

Selanjutnya, isteri mantan Bupati Batola H Hasanuddin Murad itu dengan didampingi didampingi Ketua TP-PKK Hj Saraswati Dwi Putranti, Ketua I Hj Sri Wahyuningsih Supriyono, dan pengurus lainnya melakukan peninjauan ke masing-masing stand.

Ketua TP-PKK Batola Hj Saraswati Dwi Putranti saat membuka kegiatan berharap, melalui pasar murah ini dapat membantu memenuhi kebutuhan sembako bulan Ramadhan serta persiapan menghadapi Idul Fitri 1439 Hijriyah, bagi mereka kurang mampu dan membutuhkan.

“Semoga melalui kegiatan ini sedikit meringankan kebutuhan mereka untuk keperluan berbuka puasa maupun pada saat pelaksanaan Idul Fitri,” harapnya.







 

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018