Amuntai, (Antaranews Kalsel) -Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan memiliki lima program penyaluran dana hasil Zakat, Infaq dan Sodaqah kepada masyarakat yang berhak menerima.

Ketua BAZNAS Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Tajudinoor di Amuntai, Senin mengatakan lima program penyaluran Zakat Infaq dan Sodaqah (ZIS) yakni Progra HSU Peduli, HSU Cerdas, HSU Taqwa, HSU Sehat dan HSU Peduli Bencana.

"Khusus untuk Program HSU Peduli berupa pemberian bahan kebutuhan pokok kepada Fakir Miskin dilaksanakan Bulan Ramadan," ujar Tajuddin.
 
Tajuddin mengatakan, Program HSU Cerdas berupa penyaluran dana ZIS untuk membantu pelajar dari keluarga kurang mampu seperti untuk bayar iuran SPP dan sebagainya.

Program HSU Sehat berupa bantuan untuk aspek kesehatan masyarakat kurang mampu, Program HSU Taqwa adalah penyaluran dana untuk bidang keagamaan dan HSU Peduli Bencana bantuan untuk korban bencana alam.
 
"Khusus Ramadan kita laksanakan Program HSU Peduli kepada fakir miskin berupa penyaluran paket sembako disemua kecamatan," terangnya.

Setiap kecamatan disalurkan sebanyak 50 paket sembako senilai Rp250 ribu untuk 10 kecamatan. Paket berisi kain sarung, kurma, beras, minyak goreng, gula pasir, kecap dan mie instan.

Pendataan kaum dhu'afa penerima penyaluran paket sembako dilaksanakan melalui kerja sama dengan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang dipastikan akan tepat sasaran.

Penyaluran paket sembako Ramadan kali ini meningkat jumlahnya dibanding jumlah paket Ramadan tahun sebelumnya yang hanya 40 paket perkecamatan.
 
"Program HSU Peduli dilaksanakan Bulan Ramadan karena biasanya harga kebutuhan pokok meningkat selama Ramadan dan Jelang Lebaran," pungkasnya.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018