Tanjung, Antaranews.Kalsel- PT Pertamina Eksplorasi dan Produksi Aset 5 Lapangan Tanjung, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan menyiapkan delapan sumur migas baru sebagai kompensasi penghentian produksi di Lapangan Tepian.
   Field Manager PT Pertamina EP Aset 5 Lapangan Tanjung Andri  Haribowo menyampaikan pembuatan sumur migas baru berlokasi di Lapangan Warukin dan Kambitin.
    "Delapan sumur migas baru sebagai kompensasi dari PT Adaro Indonesia karena penghentian produksi di lokasi Tepian," jelas Andre di Tanjung, Senin.
    Pasalnya 20 sumur migas di Lapangan Tepian diambil alih PT Adaro Indonesia sebagai lokasi ekploitasi batu bara.
     Data di pertamina sendiri di lapangan Tepian terdapat 20 sumur minyak dan gas dimana delapan diantaranya masih berproduksi sedangkan sisanya merupakan sumur suspensi atau ditutup sementara. 
     Sedangkan sumur migas baru di Kecamatan Pugaan produksi minyaknya masih di bawah target 150 barel per hari yakni sekitar 50 barel per hari ungkap Andre.
      Meski produksi minyak masih rendah ungkap Andri kegiatan eksploitasi di sumur migas Kecamatan Pugaan tetap dilanjutkan mengingat dana yang dialokasikan sangat besar. 
     Selanjutnya Pertamina hanya menargetkan produksi migas tahun ini sekitar 3.300 barel per hari atau kurang dari 4.000 barel per hari.
    Sedangkan untuk mengoptimalkan sumur migas tua sesuai anjuran pemerintah untuk tingkatkan produksi migas perlu teknologi yang juga memerlukan dana cukup besar jelas Andri.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018