Kepala kantor perpustakaan dan kearsipan daerah Tabalong, Kalimantan Selatan, Yuhani mengatakan tahun ini akan menambah sarana mobil perpustakaan keliling mengingata saat ini hanya ada 3 unit mobil yang tersedia.

"Dengan jumlah desa mencapai 120 lebih tersebar di 12 kecamatan, tentunya sarana yang ada masih sangat kurang karena itu tahun ini akan dilakukan penambangan satu unit mobil perpustakaan keliling," jelas Yuhani, Sabtu di Tanjung, ibukota Tabalong.

Selain memberikan pelayanan bagi masyarakat di wilayah kecamatan dan desa, mobil perpustakaan keliling juga menyediakan aneka buku bacaan bagi masyarakat sekitar kota Tanjung dan Murung Pudak, khususnya di hari libur seperti Minggu.

"Tiap minggu pagi mobil perpustakaan kita siapakan di halaman pendopo sehingga warga bisa menikmati aneka buku yang kami siapkan sambil bersantai bersama keluarga.," tambah Yuhani.

Kantor perpustakaan dan kearsipan daerah Tabalong juga akan menambah koleksi buku yang saat ini sudah mencapai 47.488 buah buku.

Dengan tujuan menarik minat baca dan meningkatkan jumlah pengunjung yang sekarang sudah mencapai 10 ribu orang.

Yuhani mengungkapkan saat ini kantor perpustakaan dan kearsipan daerah juga memiliki anjungan informasi mandiri, yakni alat yang berfungsi pemberi kemudahan informasi kepada pengunjung perpustakaan.

Fasilitas anjungan informasi mandiri memudahkan para pengunjung mengetahui judul buku yang dicari serta jumlah pengunjung yang datang./B





Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012