Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Kelompok Tani Suka Maju di Desa Kambitin Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan binaan Yayasan Adaro Bangun Negeri berhasil mengembangkan sayuran organik dengan memanfaatkan lahan tidur atau gersang.

Direktur YABN Okty Damayanti di Tanjung, Sabtu menyampaikan pengembangan sayuran organik sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan petani lokal.

"Kami ingin memotivasi warga untuk lebih menyukai sayur organik sekaligus meningkatkan kesejahteraan petani," jelas Okty.

Hal ini disampaikan Okty pada acara pesta panen sayuran organik bersama Kelompok Tani Suka Maju di Desa Wikau Kecamatan Tanjung.

Dengan memanfaatkan lahan yang sebelumnya kurang subur Kelompok Tani Suka Maju berhasil mengembangkan aneka sayuran organik seperti terong, tomat, bayam dan kangkung.

Okty menyampaikan untuk pengolahan lahan pihaknya menggandeng PT Kamadjaja Logistik yang menyediakan bahan pencampur pupur kandang.

Lebih membanggakan lagi Hotel Aston Tanjung bersedia membeli produksi sayur organik yang dikembangkan Kelompok Tani Suka Maju.

"Dari lahan yang sebelumnya gersang sekarang bisa menghasilkan sayuran organik dan Hotel Aston bersedia untuk membelinya," jelas Okty.

Mewakili Pemkab Tabalong Pelaksana Tugas Asisten Administrasi Nanang Mulkani menyampaikan apresiasinya atas keberhasilan kelompol tani binaan YABN mengembangkan sayuran organik.

Dari Kelompok Tani Suka Maju Gatot Suwarno menyampaikan sebelumnya menggunakan bahan kimia untuk bertani namun tertarik mengembangkan sayuran organik yanh lebih sehat dan mudah.

"Kami berupaya mengurangi penggunaan bahan kimia dengan mencoba tanaman organik," jelas Gatot.

Gatot pun mengajak petani di `Bumi Saraba Kawa` ini untuk mengembangkan pertanian organik sekaligus memanfaatkan lahan terlantar.
 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018