Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan H Noor Fahmi menyatakan, sebanyak 3.647 Calon Jamaah Haji (CJH) Embarkasi Banjarmasin sudah melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) pada tahap pertama dari 16 April hingga 4 Mei 2018.

"Jadi hingga penutupan jadwal pelunasan BPIH pada hari ini, Jumat (4/5) pukul 16.00 Wita, yang sudah melunasi sebanyak 3.647 CJH dari kuota haji daerah kita sebanyak 3.831 orang," ujarnya di Banjarmasin, Jumat.

Menurut dia, sisa sekitar 184 CJH yang mendapat giliran berangkat tahun ini, namun tidak bisa melunasi BPIH hingga ditutupnya ini, otomatis dimundur keberangkatan mereka ke tahun depan.

Adapun untuk memenuhi kuota hingga 3.831 orang bagi keberangkatan ibadah haji dari Embarkasi Banjarmasin pada tahun ini akan dibuka kembali pelunasan tahap ke-2 pada 16-25 Mei 2018.

"Jadi CJH cadangan yang mendapat jatah untuk kursi yang tersisa pada pelunasan tahap pertama ini, dan golongannya sudah ada," terangnya.

Sebagaimana yang pernah disebutkannya sebelumnya, golongan CJH cadang tersebut diantaranya CJH yang pernah berangkat berhaji , namun kebetulan tahun ini pula antrian hajinya sampai.

"Sebab kan untuk pelunasan tahap pertama ini yang dipentingkan itu orang yang belum pernah berhaji. Jadi yang pernah berhaji dibuat menjadi cadangan, meskipun jadwal keberangkatannya sampai," terang Noor Fahmi.

Selain itu, kata dia, CJH cadangan tersebut adalah para lansia, yakni, batas umur minimal 75 tahun, di mana mereka ini menjadi prioritas untuk diberangkatkan, meski mendaftar untuk berangkat haji tidak lama.

"Bahkan para Lansia ini diberi lagi jatah satu kursi untuk pendampingnya, demikian ketentuannya," papar Noor Fahmi.

Sama halnya bagi CJH yang terpisah dengan pasangannya, yakni, saat mendaftar berangkat haji, istri dan suami tidak bersamaan, kalau jarak antriannya tidak terlalu berjauhan, maka bisa disatukan.

"Kita yakin, kuota haji reguler Kalsel yang berjumlah 3.799 orang ini akan bisa dipenuhi, sebab ada pula cadangan CJH lain yang sudah kita persiapkan, bahkan sudah melunasi BPIH, mereka yang terjadwal berangkat tahun akan datang," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, tutur Noor Fahmi, BPIH Embarkasi Banjarmasin sebesar Rp 38.157.084. Di mana ini ada kenaikan Rp451.184 dari BPIH tahun 2017 sebesar Rp 37.705.900.

Sementara itu, kuota haji Embarkasi Banjarmasin pada keberangkatan tahun 2018 ini sebanyak 3.799 orang ditambah 32 orang Tim Petugas Haji Daerah (TPHD), sehingga total sebanyak 3.831 orang.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018