Marabahan, (Antaranews Kalsel)-Memperingati Hari Bumi Internasional 2018 Forum Komunitas Hijau (FKH) Ijejela Bahalap, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan bersama Saka Kalpataru, Pelajar Peduli Lingkungan, para pelajar SMAN 1 dan SMPN 1 Marabahan menggelar bersepeda santai sambil membersihkan sampah dan menanam pohon, Jumat (27/4). .


Kegiatan dilepas Asisten Bidang Pembangunan Setdakab Batola  M Anthony dari halaman Kantor Bupati Batola  tersebut diikuti Ketua TP-PKK Batola Hj Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor, para pimpinan SKPD dan para ASN.

Sebelum dilepas, terlebih dahulu mereka bersama-sama melaksanakan senam di halaman Kantor Bupati Batola. Setelah itu, mereka sambil menggois sepeda menyusuri kawasan jalan Jenderal Sudirman menuju Kantor DPRD baru yang berada komplek perkantoran untuk menanam pohon trembesi yang disiapkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Ditengah perjalanan para peserta memungut segala jenis sampah yang dijumpai serta memasukannya ke dalam kantong plastik yang telah dibagikan dan selanjutnya memasukan ke dalam truk yang sengaja mengikuti peserta.

Ketua TP-PKK Saraswati yang tergabung dalam FKH Ijejela Bahalap  terlihat beberapa kali turun dari sepeda hanya untuk memungut sampah yang dijumpainya di perjalanan, bahkan nampak sangat peduli terhadap kebersihan lingkungan.  

Asisten Bidang Pembangunan Setdakab Batola  M Anthony sangat menyambut baik kegiatan dilaksanakan FKH Ijejela Bahalap beserta komunitas dan pelajar tersebut.

Ia menilai,  kegiatan yang murni digagas masyarakat tersebut sangat positif dalam mendorong pelestarian lingkungan.

Karenanya, menurut dia,  langkah yang dilakukan para komunitas peduli lingkungan ini patut diapresiasi dan mendapat dukungan.

“Setidaknya dengan adanya kegiatan ini telah menunjukan tumbuhnya kesadaran dalam memelihara kelestarian bumi dan lingkungan,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Batola Hj Fahriana mengucapkan terima kasih atas aksi bersih-bersih dan penanaman pohon yang lantaran kegiatan yang dilaksanakan sangat seiring dengan program yang mereka terapkan.

Dalam mendukung aksi tersebut, terang dia,  DLH Batola telah menyediakan ratusan bibit pohon trembesi untuk penghijauan kawasan Komplek Perkantoran Jalan Jenderal Sudirman Marabahan, khususnya depan Kantor DPRD Batola yang baru.

“Penanaman pohon ini sangat bermanfaat dalam memelihara bumi dari pemanasan global serta memberi motivasi kepada masyarakat untuk peduli terhadap kelestarian bumi,” tukasnya.

Sementara, Ketua FKH Ijejela Bahalap Hasbian Noor menerangkan,  kegiatan bersepeda sambil melakukan kebersihan dan menanam pohon ini terutama bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar dapat menurunkan ketergantungan bertransportasi dengan kendaraan bermotor.

Dengan menurunkan ketergantungan transportasi kendaraan bermotor tersebut, lanjut dia, masyarakat dapat menyayangi bumi melalui pengurangan gas emisi dan menjaganya agar tetap bersih serta menanaminya dengan pohon penghijauan.

“Semoga melalui ini mampu memberikan pelopor agar masyarakat turut serta peduli terhadap kelestarian lingkungan dan bumi,”paparnya.



 

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018