Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) RI Asman Abnur menyatakan, terwujudnya Polda Kalsel menjadi tipe A tinggal berdoa saja.

"Semua perangkat sudah siap dan inovasi pelayanan juga sudah dilakukan. Sekarang doain aja mudahan dalam waktu dekat bisa terwujud," kata Asman di Banjarmasin, Senin.

Sinyal kuat perubahan Polda Kalsel dari tipe B menjadi tipe A memang semakin terlihat, seiring kedatangan Menpan-RB bersama para Deputinya ke Polda Kalsel melakukan studi kelayakan evaluasi usul peningkatan tipologi tersebut.

Apalagi Asrena Kapolri Irjen Pol Bambang Sunarwibowo juga turut hadir untuk kedua kalinya setelah beberapa waktu lalu juga hadir memberikan asistensi ke Polda Kalsel.

Asman pun tak menampik peluang Polda Kalsel cukup besar untuk disetujui menjadi tipe A. Apalagi panduan penilaian selama enam bulan terakhir, semua kriteria yang disyaratkan bisa dipenuhi.

Inovasi pelayanan berbasis elektronik atau IT melalui beragam aplikasi di handphone juga sudah dilakukan baik Satker di Polda maupun jajaran Polres hingga terintegrasi. Hal ini menunjukkan Kapolda dan jajarannya sudah siap menyandang tipe A.
(antarakalsel/foto/humaspoldakalsel)

Menurut Menpan-RB, pemerintah tidak mau lagi masyarakat dilayani dengan cara-cara tradisional. Namun harus dengan teknologi informasi yang cepat dan transparan, senyuman dan keramahtamahan. 

Hal itulah yang sudah dilakukan Polda Kalsel, termasuk membangun zona-zona integritas. Dimana tahun ini ditargetkan Kapolda ada tiga lagi Polres berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), menyusul Polresta Banjarmasin yang bakal mewujudkan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

"Jadi perubahan tipologi itu sasarannya bukan soal bintang satu menjadi bintang dua, namun terkait  beban kerja, kemampuan memberikan pelayanan prima dan berinovasi sesuai harapan masyarakat. Kalau dari kami,  ikan sepat ikan gabus makin cepat makin bagus," tandas Menpan-RB sembari berkelakar.

Sementara Bambang Sunarwibowo mengaku terus memberikan support dan asistensi kepada Polda Kalsel untuk terus bisa meningkatkan kinerjanya.

"Kami minta layanan publik terus disempurnakan, pemeliharaan keamanan dan bagaimana menegakkan hukum yang berkeadilan, sehingga keberadaan Polda Kalsel  dirasakan betul layanannya yang baik, profesional dan memberikan manfaat bagi masyarakat," pungkas Asrena Kapolri.

Sedangkan Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana berharap semua kriteria penilaian dari Menpan-RB bisa masuk dengan segala terobosan dan inovasi pelayanan yang telah dilakukan jajarannya sebagai penjabaran dari Program Promoter Kapolri Jenderal Tito Karnavian. 

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018