Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Sejumlah inovasi yang dilakukan Wali Kota Nadjmi Adhani dan Wakil Wali Kota Darmawan Jaya Setiawan diikuti oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daeran (Forkopimda) yang juga meluncurkan inovasi dalam bentuk aplikasi.
   
Inovasi yang digagas Kepala Kepolisian Resor Banjarbaru AKBP Kelana Jaya yakni aplikasi Siharat akronim Siap Hadapi Beragam Kejahatan sebagai tindaklanjut program Tekan Bersama Permasalahan Sosial dan Narkoba (Tebar Pesona).
   
Inovasi berbasis teknologi informasi itu bertujuan meningkatkan pelayanan kepolisian kepada masyarakat dan juga meminimalisir permasalahan sosial yang berpotensi muncul di Kota Banjarbaru sebagai dinamika masyarakat.
   
Melalui aplikasi itu diharapkan Kota Banjarbaru menjadi kota beretika (bebas minuman keras, narkotika dan obat-obatan berbahaya) sehingga tercipta situasi kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif.
   
Aplikasi Siharat mudah digunakan melalui telepon pintar berbasis android dan masyarakat cukup download melalui Google Playstore dan setelah terinstal di telepon seluler kemudian dibuka aplikasi Siharat untuk mendaftar.
   
Fitur yang tersedia sebanyak 18 fitur mulai pelayanan SIM, pelayanan SKCK, SP2HP, pengaduan, kejahatan, lalulintas, karhutla, ambulan, kebakaran, lokasi, DPO, news, video, profil, info cuaca, info gempa, call center hingga panic button.
   
. (Antaranews Kalsel/Yose Rizal)
Layanan lain yang digagas Forkopimda yakni Sistem Pelayanan Hukum (Sipalui) yang diberikan oleh Kejaksaan Negeri Banjarbaru berupa mobil pelayanan hukum yang memberikan penyuluhan hukum bagi masyarakat.
   
Kegiatannya meliputi Mobil Pelayanan Hukum dipergunakan secara terintegrasi pada bidang-bidang di Kejaksaan Negeri Banjarbaru untuk memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat berupa program penyuluhan hukum.
   
Selain itu, memberikan penerangan hukum, konsultasi hukum gratis, layanan Antar Barang Bukti (ABB) serta kegiatan Jaksa Masuk Sekolah (JMS) dan mobil itu juga dipergunakan sebagai perpustakaan hukum dilengkapi literature/buku-buku.
   
Masyarakat pun juga tidak mau ketinggalan berinovasi melalui Aplikasi Banjarbaru City Guide menginformasikan pusat rekreasi wisata, kuliner, edukasi dan souvenir, fasum rumah sakit, bank/atm, hotel dan kantor polisi.
   
Kemudian, HOKKYPAY yakni aplikasi dalam bentuk perangkat lunak/teknologi yang dapat digunakan seluruh telepon pintar berbasis android sehingga dapat melakukan transaksi/pembayaran seperti halnya di ATM mobile.
   
Selain itu, juga bisa menggunakan SMS Internet banking, sedangkan fiture yang ada di aplikasi antara lain isi pulsa, voucher game, Token PLN, Multifinance, Listrik Prabayar, Token TV Prabayar, PDAM dan lainnya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018