Marabahan, (Antaranews Kalsel) - Desa Karang Bunga, Kecamatan Mandastana, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan, mendapat kunjungan dari Tim Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalsel, Kamis (19/4).


Tim  terdiri dari beberapa unsur tersebut diterima  Bupati Batola Hj Noormiliyani AS, Forkopimda, Ketua TP-PKK Hj Saraswati Dwi Putranti beserta pengurus baik kabupaten , kecamatan dan desa, para pejabat eselon II, III, dan berbagai lapisan masyarakat.

Sekretaris DPMD Provinsi Kalsel M Helfianoor mewakili Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengatakan, kehadiran tim dalam rangka melakukan penilaian dan evaluasi, mengingat Desa Karang Bunga terpilih mewaliki Batola pada Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalsel 2018.

Menurut dia, berbagai aspek yang dinilai selain kegiatan, administrasi, dan inovasi desa juga dinilai menyangkut keunggulan desa.

Diutarakannya, lomba desa dan kelurahan pada hakekatnya salah satu alat perekat kerukunan masyarakat melalui partisipasi, kerjasama dan kemandirian masyarakat dalam membangun desa dan kelurahan.

Kegiatan tersebut, sebutnya, dapat dijadikan indikator sejauh mana perkembangan kemajuan pembangunan selama kurun waktu satu tahun baik di bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

Dengan demikian, jelas dia,  masyarakat akan dapat lebih terpacu untuk berperan secara aktif demi terciptanya kemandirian masyarakat dalam membangun wilayahnya.

Sehingga, ungkap dia,  menjadikan  pembangunan desa dan kelurahan bisa dilakukan secara terpadu dan menyeluruh baik pembangunan fisik maupun pembangunan masyarakat dan pemerintahan.

Tepisah, Bupati Batola Hj Noormiliyani menilai, perlombaan desa dan kelurahan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat di daerah.

Mengingat dari kegiatan yang diselenggarakan itu, ucap dia, dapat membangun kemandirian desa dan kelurahan dalam rangka mendukung upaya percepatan kemajuan pembangunan sekarang ini lebih dititikberatkan pada pencapaian kemajuan pembangunan di perdesaan.

Mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel  berharap, melalui kegiatan tersebut semakin memotivasi aparatur pemerintahan desa bersama-sama dengan warganya untuk lebih meningkatkan peran dan partisipasi aktifnya dalam mengelola dan membangun desanya.

“Diharapkan mampu meningkatkan kemajuan pembangunan dan kesejahteraan hidup warga desa diwilayahnya sesuai dengan Visi Pembangunan Batola Setara tahun 2017-2022,” ungkapnya.

Menariknya, sebelum penilaian dilaksanakan, tim terlebih dahulu mendapat suguhan  tarian penyambutan Radap Rahayu dari Sanggar Seni Karang Bunga, tarian siswa siswi TK Darussalam, penampilan siswa siswi PAUD KB Kencana dan menampilkan paduan suara Mars PKK dari ibu-ibu PKK Desa Karang Bunga.

Tak ketinggalan Penilaian Perlombaan Desa Tingkat Provinsi Kalsel di Desa Karang Bunga  juga menampilkan hiburan tradisional reog dan jaranan serta penyerahan hadiah Lomba Desa Tingkat Batola oleh Bupati Hj Noormiliyani.


 

Pewarta: Arianto

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018