Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 15 partai politik memeriahkan kirab di Sungai Martapura Kota Banjarmasin yang digelar Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu.

Kirab yang diikuti oleh seluruh partai politik (parpol) peserta pemilihan umum (pemilu) 2019, dengan menggunakan transportasi air khas Banjarmasin yang disebut kelotok.

Masing-masing peserta menghiasi kelotok dengan warna-warni dan simbol khas parpol yang mencolok. Mereka berparade menyusuri sungai terbesar di ibu kota Kalsel tersebut.

Ketua KPU Kalsel Samahuddin Muharram mengatakan, kirab di sungai Martapura ini sebagai wadah bagi KPUD Kalsel, untuk memperkenalkan partai politik yang akan mengikuti pesta demokrasi Pemilu 2019.

"Biasanya kirab dilakukan di darat. Kali ini, sosialisasi 15 partai politik peserta Pemilu 2019 dengan menyusuri Sungai Martapura dan Sungai Barito, agar masyarakat mengetahuinya," ungkap dia.

Samahuddin menargetkan dengan gencarnya sosialisasi ini, maka partisipasi politik masyarakat pada pemilu 2019 akan meningkat.

"Selain tujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih, sekalian kita ingin memperkenalkan destinasi wisata di Banjarmasin," katanya.

Langkah lain untuk menyosialisasikan secara luas parpol peserta Pemilu 2019 ini, KPUD juga melaksanakannya melalui pentas seni dan budaya.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor yang hadir di acara itu mengatakan, kirab parpol dengan menyuusuri sungai Martapura menggunakan kelotok, merupakan trasportasi khas di sungai Martapura ini sangat kreatif.

"Kegiatan ini cerdas, karena melibatkan kearifan lokal. Masyarakat banyak tinggal di bantaran sungai," katanya.

Menurut gubernur, kegiatan tersebut, diharapkan bermanfaat bagi parpol untuk memperkenalkan diri, begitu pula masyarakat bisa mengenal parpol yang akan dipilihnya dengan lebih baik.

Dia berpesan, agar masyarakat memilih sesuai hati nuraninya pada Pemilu 2019 nanti.

Kirab Parpol Peserta Pemilu 2019 ini diikuti parpol nomor urut 1 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), nomor urut 2 Partai Gerindra, nomor urut 3 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Nomor urut 4 Partai Golkar, nomor urut 5 Partai Nasdem, nomor urut 6 Partai Garuda, nomor urut 7 Partai Berkarya, nomor urut 8 Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Selanjutnya, nomor urut 9 Partai Perindo, nomor urut 10 Partai Persatuan Pembangunan (PPP), nomor urut 11 Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Kemudian, nomor urut 12 Partai Amanat Nasional (PAN), nomor urut 13 Partai Hanura, nomor urut 14 Partai Demokrat, dan nomor urut 19 Partai Bulan Bintang (PBB).

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018